Pages Navigation Menu

Tips Belajar Efektif dan Efisien

Tips Belajar Efektif dan Efisien

Banyak orang beranggapan bahwa setelah mereka lulus sekolah dan mulai bekerja, mereka sudah tidak perlu belajar lagi. Anggapan seperti itu jelas saja keliru. Bila Anda ingin menjadi orang yang sukses, Anda harus terus belajar dan belajar, begitulah sejatinya pembelajar sejati, tentunya belajar efektif dan efisien yah.

Mengapa demikian? Karena zaman terus berubah dan ilmu pengetahuan terus bertumbuh dan berkembang. Dulu orang menggunakan mesin ketik untuk menulis surat-surat atau dokumen-dokumen penting, tetapi sekarang penggunaan mesin ketik sudah ditinggalkan dan digantikan dengan komputer.

Dulu orang menggunakan pos surat untuk menanyakan kabar, dan membutuhkan beberapa hari untuk mengetahui balasannya. Sekarang dengan adanya alat kecil canggih bernama handphone, hanya membutuhkan beberapa detik saja untuk berkirim pesan.

Dulu banyak pekerjaan harus dikerjakan secara manual, tetapi sekarang cara manual sudah mulai ditinggalkan dan digantikan dengan cara digital. Perubahan demi perubahan terus berlangsung di berbagai bidang. Bila Anda berhenti belajar, Anda akan tertinggal jauh dan tenggelam oleh zaman. Bukan hanya itu saja, Anda akan siap-siap tergilas oleh zaman.

Dari uraian di atas sangat jelas mengidentifikasikan bahwa belajar tanpa henti merupakan salah satu syarat yang harus kita penuhi bila kita ingin menjadi orang yang sukses di zaman ini. Dibawah ini kami akan bagikan beberapa tips cara belajar efektif dan efisien :

Pertama

Dengan membaca buku. Bila Anda ingin menjadi orang sukses, cobalah untuk menyukainya. Dan ternyata orang-orang sukes, semuanya mempunyai kebiasaan yang sama, yaitu membaca buku. Bacalah buku-buku yang berhubungan dengan bidang yang sedang Anda tekuni sampai Anda menjadi ahli di bidang tersebut. Atau bisa juga Anda mencari dan membaca artikel-artikel di internet.

Kedua

Dengan mendengarkan audio book. Dewasa ini ada beberapa perusahaan yang menerbitkan buku-buku dalam bentuk audio. Bila Anda tidak ingin repot, Anda dapat mengkonversikannya ke format MP3, sehingga dapat Anda masukkan ke dalam MP3 player atau tab Anda. Dengan demikian Anda dapat mendengarkan audio book itu sambil mengerjakan pekerjaan lainnya. Ketika Anda sedang berkendaraan atau sedang menganggur, Anda juga dapat mendengarkannya untuk memperkaya pengetahuan Anda. Semakin mudah saja kan?

Ketiga

Dengan mengikuti seminar-seminar atau pelatihan-pelatihan yang membahas bidang yang sedang Anda tekuni. Selain menambah pengetahuan Anda, seminar-seminar atau pelatihan-pelatihan ini biasanya juga dapat menginspirasi dan membangkitkan semangat kerja Anda kembali. Dalam seminar atau pelatihan ini Anda juga dapat bertemu dan berkenalan dengan orang-orang yang memiliki bidang pekerjaan yang sama dengan Anda. Dengan demikian Anda dapat saling bertukar pikiran dan mungkin juga menjalin hubungan kerja dengan mereka.

Keempat

Bersahabat dan menjalin hubungan baik dengan orang yang lebih ahli atau pakar di bidangnya, dan biasanya memiliki pengaruh besar dalam kehidupan kita, bahkan lebih besar dari pada pengaruh buku yang kita baca atau guru yang mengajar kita. Karena itu, bersahabat dengan orang yang lebih ahli secara tidak langsung juga akan membentuk kita menjadi lebih ahli. Atau cara yang paling sederhana, berkumpulah dengan orang-orang se-visi dengan Anda dengan begitu Anda memiliki tempat ngecas layaknya hp yang baterenya mulai drop.

Itulah empat cara belajar efektif dan efisien yang dapat kami bagikan. Selamat mempraktekkannya sekarang juga, dan jadilah pembelajar sejati!