Pages Navigation Menu

Komunikasi Efektif di Depan Umum

Komunikasi Efektif di Depan Umum

Bagi Anda yang dilahirkan di era 80 dan 90 an. Tentunya Anda sering mendengar sebuah ungkapan dari sebuah iklan yang mungkin sering Anda tonton, “Kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah Anda.” Kalimat tersebut begitu sangat sakral ketika kita kaitkan tentang berbicara di depan umum. Yah kesan pertama. Jika Anda paham filosofi dan ungkapan iklan ini, maka Anda pun siap-siap menjadi seorang pembicara publik yang hebat dengan kemampuan kemunikasi efektif yang baik.

Atau Anda seseorang yang juga ingin belajar menjadi pembicara publik yang elegan? Anda ingin sekali menguasai keterampilan komunikasi efektif di depan umum, agar audience tertarik dengan pembicaraan Anda. Bisa jadi gaya pembukaan dengan pendekatan ABCD dari Maynard Leigh & Associates adalah solusi yang tepat untuk Anda.

Mari kita simak bersama-sama.

– A –

Attention atau Atensi. Dapatkan ketertarikan audience sesegera mungkin. Karena dengan cara inilah, audience ‘ngeh’ dengan apa yang Anda bicarakan. Kaitan dengan komunikasi efektif pun, Attention jadi sebuah faktor penentu apakah pembicaraan kita di dengar atau tidak.

– B –

Benefit atau keuntungan. Berikan jawaban atas pertanyaan “What’s in it for me?” Apa untungnya untuk saya ketika ada seseorang di depan saya berbicara? Berikan jawaban-jawabannya secara baik dan benar bahwa dengan mendengarkan pembicaraan Anda, audience mendapatkan benefit yang sangat menguntungkan. Kalau tidak, bersiap-siaplah, rekan bicara Anda akan acuh kepada Anda.

– C –

Credentials. Buat audience mengerti mengapa Anda yang harus berdiri dan berbicara. Jangan Anda tutup-tutupi! Audience butuh pengertian dan pemahaman ini. Tanpa ini, Anda hanya seperti orang lalu saja.

– D –

Direction. Berikan “peta perjalanan” kepada audience kira-kira pembicaraan ini akan mengarah kemana. Mengapa ini sangat penting? Kita analogikan saja dengan mencari tempat baru tanpa sebuah peta. Tentunya perjalanan Anda akan sangat lama dan melelahkan. Ini yang audience ingin hindari. Mereka butuh kejelasan. Maka berikan petanya!

Semoga artikel ini menjadi titik terang untuk Anda agar pembicaraan Anda di depan umum menjadi efektif dan efisien. Selamat mencoba!