Pages Navigation Menu

Tiga Cara Meningkatkan Keahlian Komunikasi Bagi Wanita Karir

Tiga Cara Meningkatkan Keahlian Komunikasi Bagi Wanita Karir

Anda seorang wanita karir? Kalau iya, bisa jadi artikel ini berguna untuk Anda. Bagaimana caranya Anda seorang wanita karir meningkatkan keahlian komunikasi Anda secara konsisten.

Mengapa seorang wanita dalam membangun karirnya wajib memiliki kemampuan komunikasi? Ya sudah barang tentu Anda berbicara setiap hari dengan orang di sekeliling Anda. Dalam briefing atau meeting pagi, presentasi bisnis, bahkan di saat makan siang. Dengan klien Anda, karyawan dan semua stake holder yang terlibat didalam perusahaan Anda.

Kami akan beberkan didalam artikel ini tentang keahlian apa saja yang harus Anda miliki :

 

KEAHLIAN #1: LEBIH BANYAK MENDENGAR

Inilah tantangan seorang wanita. Lebih banyak mendengar. Di abad ini, ketika gosip jadi sebuah pekerjaan sampingan seorang wanita, apalagi ditambah infotaintment yang semakin menjamur. Merupakan sebuah tantangan bagi Anda, untuk lebih banyak mendengar daripada berbicara.

Mendengar pada intinya mencerminkan perbedaan antara mendapatkan atau kehilangan penjualan, memotivasi atau mereduksi semangat tim, membangun atau menghancurkan hubungan antar karyawan. Dan tahukah Anda, kemampuan mendengar adalah prasyarat bagi kesuksesan bisnis.

Mendengar sangat penting. Tidak mendengar pasar, Anda akan keluar. Tidak mendengar karyawan, Anda akan sendirian. Tidak mendengar kompetitor, Anda akan ‘ngeglosor’. Tidak mendengar diri sendiri, Anda mati.

Latihlah kemampuan mendengar Anda mulai dari saat ini. Bagaimana cara melatihnya? Sederhana. Ketika Anda ngumpul dengan sahabat-sahabat Anda, coba mulai sedikitkan bicara. Simak apa yang sahabat-sahabat Anda bicarakan. Jika sudah terlatih, komunikasi Anda jauh lebih meningkat.

 

KEAHLIAN #2: BELAJAR MEMIMPIN RAPAT

Rapat dapat membuat dunia menjadi tenang, dan sekaligus dapat membuat dunia menjadi lapangan perang. Rapat dapat membuat 15 jam Anda dalam seminggu menjadi 15 jam yang damai, atau sebaliknya 15 jam yang membuat frustrasi. Kemampuan memimpin rapat, akan menentukan siapa yang akan ikut dan apa yang akan mereka capai. Kesia-siaan, atau sesuatu yang bernilai? Dan di rapat lah segala keputusan diputuskan.

Nah, silahkan Anda latih kemampuan memimpin rapat dalam tim Anda. Jika Anda belum memiliki kesempatan untuk memimpin rapat, coba latih terlebih dahulu di keluarga Anda. Utarakan kepada suami Anda ketika ada rapat keluarga, Anda yang memimpin. Atau lingkungan organisasi Anda. Ajukan diri untuk menjadi pemimpin rapat saat itu.

Jika Anda latih secara komitmen, lihatlah perubahan dalam diri Anda.

 

KEAHLIAN #3: MANAJEMEN KONFLIK

Bukan hanya profesi sebagai wanita karir saja yang memiliki konflik. Entah konflik internal di dalam perusahaan maupun konflik eksternal di luar perusahaan. Jika Anda memiliki kemampuan ini, bersiaplah konflik bisa jadi peluang untuk Anda. Karena dengan konflik kita bisa menjadi kuat dan hebat.

Jangan lari jika konflik datang. Tenanglah dan hadapi dengan cara terbaik. Pelan-pelan saja dan nikmati prosesnya. Memang pertama kali Anda menghadapinya ada perasaan tidak nyaman. Akan tetapi jika sudah terlatih, Anda akan mahir mengelola konflik yang menghampiri Anda.

 

Jika Anda menemukan bahwa Anda masih belum optimal memiliki semua keahlian di atas, maka efektifitas Anda dalam mencapai hasil dan sasaran akan terganggu dan bias. Untuk itu, Anda perlu menajamkan semua kemampuan di atas, dan pada saat yang sama menularkan semua itu ke dalam tim Anda. Semoga artikel ini tentang cara meningkatkan keahlian komunikasi bagi wanita karir dapat bermanfaat untuk kita semua.

Salam sukses untuk Anda!