Pages Navigation Menu

Mengelola Stress Individu

Mengelola Stress Individu

Ada sebuah pengalaman menarik dan pembelajaran tentang mengelola stress individu dari cerita yang dialami oleh seorang dosen kepada mahasiswanya.

Pada saat memberikan kuliah tentang mengelola stres, sang dosen mengangkat segelas air dan bertanya kepada muridnya, “Menurut Anda, kira-kira seberapa beratnya segelas air ini?”

Para siswa menjawab dengan cepat, “Mulai dari 200 gram sampai 500 gram.”

“Dan tahukah Anda semua, ini bukanlah masalah berat absolutnya, tapi tergantung berapa lama anda memegangnya. Kata Sang Dosen dengan penuh wibawa. Lalu dosen tersebut melanjutkan kalimatnya, “Jika saya memegangnya selama 1 menit, tidak ada masalah. Jika saya memegangnya selama 1 jam, lengan kanan saya akan sakit. Dan jika saya memegangnya selama 1 hari penuh, mungkin Anda harus memanggilkan ambulan untuk saya. Beratnya sebenarnya sama, tapi semakin lama saya memegangnya, maka bebannya akan semakin berat.

“Jika kita membawa beban kita terus menerus, lambat laun kita tidak akan mampu membawanya lagi. Beban itu akan meningkat beratnya.” Sang Dosen melanjutkan pembelajarannya.

“Lalu apa yang harus kita lakukan adalah meletakkan gelas tersebut, istirahat sejenak sebelum mengangkatnya lagi. Kita harus meninggalkan beban kita secara periodik, agar kita dapat lebih segar dan mampu membawanya lagi!” Ujar Sang Dosen.

Dari kisah terebut kita bisa ambil kesimpulan bahwa bukan berat beban yang dipikul seseorang yang membuat dia menjadi stres atau banyak tekanan. Akan tetapi, lamanya dia membawa beban itu dalam hidupnya.

Nah sekarang pertanyaannya, tentunya setiap manusia mempunyai beban atau bisa dibilang amanah dan tanggung jawab yang di pikul selama hidupnya. Entah di keluarga, di kantor, atau di bidang kehidupan yang lain. Tidak ada manusia selama hidupnya yang luput dari tugas dan tanggung jawab.

Dan menurut cerita dan pengalaman dari cerita diatas, kita belajar bagaimana mengelola stres. Caranya mudah sekali, cobalah taruh sebentar beban atau tugas itu dari pundak Anda, berliburlah. Nikmati aktivitas yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan beban dan tugas Anda. Enjoy dan rasakan sensasinya! Setelah sudah fresh, bersiaplah mendapatkan energi baru untuk melanjutkan tugas dan amanah Anda. Tuntaskan dengan cara terbaik! Karena hidup ini indah dan wajib untuk dinikmati.

Selamat Mengelola Stress Individu !