Pages Navigation Menu

Seni Komunikasi Efektif Bagi Para Pengusaha

Seni Komunikasi Efektif Bagi Para Pengusaha

Anda seorang pengusaha? Atau Anda ingin mempunyai usaha sendiri? Kalau iya, bisa jadi artikel tentang Seni Komunikasi Efektif Bagi Para Pengusaha layak Anda baca. Siap?

Mengapa seorang pengusaha wajib memiliki kemampuan komunikasi efektif? Ya sudah barang tentu Anda berbicara setiap hari dengan orang di sekeliling Anda. Dalam briefing atau meeting pagi, presentasi bisnis, bahkan di saat makan siang. Dengan klien Anda, karyawan dan semua stake holder yang terlibat didalam usaha Anda.

Dalam mengurus bisnis sehari-hari, Anda pasti akan buy viagra menjelaskan krisis bisnis di hadapan sejumlah orang. Bahkan, jika Anda pengusaha kecil, berkomunikasi adalah bagian dari bisnis itu. Anda harus banyak berbicara untuk menggalang network, untuk mempresentasikan bisnis, untuk menjaring kolega, atau untuk memasarkan produk. Kesuksesan bicara Anda berkorelasi langsung dengan bottom line di laporan rugi laba Anda.

Kami akan beberkan didalam seri belajar komunikasi ini keahlian apa saja yang harus Anda miliki :

KEAHLIAN #1: MENDENGAR

Mendengar pada intinya mencerminkan order phentermine online perbedaan antara mendapatkan atau kehilangan penjualan, memotivasi atau mereduksi semangat tim, membangun atau menghancurkan hubungan antar karyawan. Dan tahukah Anda, kemampuan mendengar adalah prasyarat bagi kesuksesan bisnis.

Mendengar sangat penting. Tidak mendengar pasar, Anda akan keluar. Tidak mendengar karyawan, Anda akan sendirian. Tidak mendengar kompetitor, Anda akan ‘ngglosor’. Tidak mendengar diri sendiri, Anda mati.

KEAHLIAN #2: MEMIMPIN RAPAT

Bayangkan ini: Rapat dapat membuat dunia menjadi tenang, dan sekaligus dapat membuat dunia menjadi lapangan perang. Rapat dapat membuat 15 jam Anda dalam seminggu menjadi 15 jam yang damai, atau 15 jam yang membuat frustrasi.

Kemampuan memimpin rapat, akan buy modvigil
menentukan siapa yang akan ikut dan apa yang akan mereka capai.
Kesia-siaan, atau sesuatu yang bernilai? Dan di rapat lah segala keputusan diputuskan. Jika Anda seorang pengusaha tidak memiliki keahlian memimpin rapat, bersiaplah persepsi rapat bagi karyawan akan sangat membosankan.

KEAHLIAN #3: MANAJEMEN KONFLIK

Buka hanya profesi pengusaha saja yang memiliki konflik. Entah konflik internal di dalam bisnis maupun konflik eksternal di luar bisnis. Anda adalah wasit di dalam bisnis. Jika Anda memiliki kemampuan ini, bersiaplah konflik bisa jadi peluang untuk Anda. Karena dengan konflik kita bisa menjadi kuat dan hebat.

Jika Anda menemukan bahwa Anda masih belum optimal memiliki semua keahlian di atas, maka efektifitas Anda dalam mencapai hasil dan sasaran bisnis akan terganggu dan bias. Untuk itu, Anda perlu menajamkan semua kemampuan di atas, dan pada saat yang sama menularkan semua itu ke dalam tim Anda. Semoga seri belajar komunikasi tentang keahlian komunikasi bagi pengusaha dapat bermanfaat untuk kita semua.

Silakan Bagikan Artikel IniShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Print this pageShare on LinkedInPin on Pinterest