Pages Navigation Menu

Belajar Komunikasi : Tanpa Debat

Belajar Komunikasi : Tanpa Debat

Sesi dalam belajar komunikasi kali ini membahas tentang debat.

Apa itu debat? Dan bagaimana pengaruhnya dengan proses komunikasi dan negosiasi?

Menurut Wikipedia, debat merupakan kegiatan adu argumentasi antara dua pihak atau lebih, baik secara perorangan maupun kelompok, dalam mendiskusikan dan memutuskan masalah dan perbedaan. Akan tetapi, apakah debat ini jadi satu-satunya jalan untuk memutuskan sesuatu? Anda tahu jawabannya kan?

Pernahkah kita bertemu dengan seorang yang pandai bernegosiasi ketika berkomunikasi dengan kita menyelesaikan pembicaraan dengan berdebat? Sepertinya tidak pernah. Karena berdebat justru malah membuat kita semakin tidak dipercayai oleh rekan bicara kita.

Menyelesaikan proses komunikasi dengan berdebat hanya akan menunjukkan pada orang lain bahwa Anda bukanlah seorang komunikator yang baik. Membantah jika memang harus, tapi jangan pernah lupa bahwa berdebat tidak pernah menjadi penyelesaian yang tepat dalam bernegosiasi. Bahkan, seorang komunikator yang baik akan menunjukkan sikap seolah-olah tak peduli terhadap siapa yang memperoleh kemenangan atas kesepakatan yang berhasil dibuat. Ia pandai membuat pihak lain merasa seolah-olah persetujuan akhir tersebut merupakan idenya.

Inilah lah poin yang sangat penting dan harus diingat dalam belajar komunikasi kali ini. Jika kita ingin berkomunikasi khususnya dalam hal bernegosiasi dengan orang lain, pastikan persetujuan akhir seolah-olah merupakan ide dari rekan bicara kita. Dengan begitu proses negosiasi akan berjalan sangat efektif.

Lalu kapan kita gunakan kemampuan debat ini?

Sudah jelas, ketika memang Anda sedang berada dalam sebuah kompetisi debat tingkat Nasional.

Silakan Bagikan Artikel IniShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Print this pageShare on LinkedInPin on Pinterest