Pages Navigation Menu

Teknik Komunikasi Efektif

Teknik Komunikasi Efektif

Sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa lebih dari 85% persen dari kesuksesan dalam hidup berkaitan secara langsung dengan kemampuan berkomunikasi dan keterampilan membina hubungan. Yang artinya adalah tidak peduli seberapa cerdas Anda dalam menangani masalah jika tanpa kemampuan teknik komunikasi efektif itu semua sia-sia.

Komunikasi dan Sukses. Tema besar dari artikel belajar komunikasi kali ini menjadi sebuah pengantar yang pas. Apa pasal? Karena kalimat ini jadi sebuah hubungan sebab-akibat yang sangat penting bagi orang-orang yang ingin menggapai kesuksesan. Dan Anda tahu dibutuhkan keterampilan berkomunikasi dan berinteraksi untuk memperluas hubungan dari lingkaran kecil orang-orang dimana Anda berada saat ini, menuju lingkaran besar orang-orang yang akan Anda temui. Keterampilan semacam ini yang menjamin akan melesatkan keberhasilan Anda di dalam kehidupan.

Kata kuncinya adalah mengembangkan kemampuan komunikasi? Ya tepat sekali. Tanpa itu, perjalanan Anda menuju kesuksesan terasa lebih berat.

Baiklah, katakanlah Anda bersedia untuk mengembangkan kemampuan komunikasi. Lalu apa yang harus saya lakukan? Sederhana. Belajarlah! Belajar di pendidikan formal ataupun non-formal. Jika Anda ingin menempuh pembelajaran formal, silahkan mengambil jurusan atau konsentrasi Komunikasi. Dan jika Anda ingin mendapatkan saripati pembelajaran komunikasi dengan baik dan efektif. Ambil kursus-kursus atau training tentang komunikasi.  Tentunya Anda harus memilih pengajarnya yang kompeten dari segi akademis dan praktis. Anda tahu siapa orangnya kan?

Oke, dibawah ini kami share tips yang mungkin bisa Anda coba selain tentunya bergabung untuk mengikuti training dari kami. Mari kita simak bersama-sama.

  1. Berikan kesan bahwa Anda antusias berbicara dengan rekan bicara Anda.

Beri mereka kesan bahwa Anda lebih suka berbicara dengan dia daripada orang lain di muka bumi ini. Tentunya secara tulus. Ketika Anda memberi dia kesan bahwa Anda sangat antusias berbicara dengan dia dan bahwa Anda peduli kepadanya, Anda membuat perasaan dia lebih positif dan percaya diri. Percayalah rekan bicara Anda akan lebih terbuka kepada Anda dan sangat mungkin memiliki percakapan yang mendalam dengan Anda.

  1. Ajukan pertanyaan tentang minat dia.

Ajukan pertanyaan terbuka yang akan membuat mereka berbicara tentang minat dan kehidupannya. Jangan hanya yang Anda bicarakan semuanya tentang Anda. Karena setiap orang ingin didengarkan tentang minatnya kan? Pada saat rekan bicara Anda sudah nyaman dengan Anda, barulah Anda boleh berbicara tentang minat Anda kepada dia, dan lihat ekspresi tubuhnya, jika dia tidak suka atau bosan, alihkan kembali kepada minat dan kesukaan dia. Fleksibellah dalam berkomunikasi, dengan begitu Anda mempunyai kekuatan yang sangat powerfull pada saat berkomunikasi dan berinteraksi kepada orang lain.

  1. Dengarkan dengan penuh perhatian semua yang dia katakan.

Jangan terlalu berfokus pada apa yang akan Anda katakan selanjutnya selagi dia berbicara. Sebaliknya, dengarkan setiap kata yang dia katakan dan responlah senyaman mungkin. Hal ini menunjukkan bahwa Anda benar-benar mendengarkan apa yang dia katakan dan Anda sepenuhnya terlibat di dalam suasana bersama dengan rekan bicara Anda. Juga pastikan untuk bertanya setiap kali ada sesuatu yang tidak mengerti pada hal-hal yang mereka katakan. Itu membuktikan bahwa Anda sangat peduli kepada apa yang dia utarakan.

Mungkin ketiga tips yang sudah disampaikan dapat bermanfaat untuk Anda. Belajar dan berlatihlah! Itu intinya. Selamat memutuskan karena telah berkomitmen mengembangkan kemampuan komunikasi Anda.