Pages Navigation Menu

Disiplin Adalah Kunci Sukses

Disiplin Adalah Kunci Sukses

Teringat sebuah kalimat yang membuat negara Jepang maju dan berkembang hanya dalam beberapa dekade saja, yaitu ‘Disiplin Adalah Kunci Sukses’. Yah itulah kata yang paling masuk akal bagi tim sepakbola Indonesia di ajang kompetisi Asia Tenggara, jika memang tim Indonesia bisa melesat sehebat tim Jepang, yang konon, pada era 80’an dianggap tim sebelah mata. Kini, Jepang menjadi salah atu langganan masuk ke piala dunia.

HARAPAN ITU MASIH ADA. Dan mungkin torehan prestasi demi prestasi akan dipersembahkan oleh tim Indonesia di setiap ajang, mulai dari Sea games, Asean Games, bahkan World Cup.

Tidak usah membandingkannya dengan negara Jepang. Negara tetangga Malaysia pun secara prestasi sudah menyalib prestasi-prestasi tim Indonesia. Dulu sempat, Malaysia impor guru-guru dari Indonesia lho. Ya dulu mereka begitu bergantungnya pada kita didalam dunia pendidikan, apalagi olahraga. Tapi apa yang terjadi sekarang? Mereka masih impor kok. Cuma impor para TKI (Tenaga Kerja Indonesia). Sebuah hal yang seharusnya kita dapat belajar dari negara tentangga.

Lalu apa yang menjadikan negara ini dapat menyaingi negara-negara lain di Asia Tenggara? Jawabannya adalah KARAKTER. Hal ini lah yang membuat sumber daya manusianya menjadi lebih baik. Layaknya seperti negara Jepang, yang dulu sempat merasakan bencara terhebat yang pernah dirasakan rakyat Jepang. Yah betul, dua kota sentral di Jepang, Nagasaki dan Hiroshima di bom atom oleh negara sekutu Amerika Serikat. Dan Anda tahu hulu ledaknya sangat dahsyat sekali? Bahkan pasca bom atom ini meledak efeknya sangat signifikan terhadap sumber daya alam bangsa yang terkenal pekerja keras ini. Lalu dengan pembentukan mental dan karakter dalam kurun waktu beberapa tahun saja, bangsa Jepang kini menjadi bangsa yang disegani oleh bangsa lain dan merupakan kiblat teknologi zaman sekarang. Luar biasa…

Teringat sesi silaturahhim dengan salah seorang guru kehidupan saya, yang bertanggung jawab karena telah menjebloskan saya ke dunia pelatihan. Beliau mengatakan, ‘Disiplin adalah kunci kesuksesan’. Mungkin inilah karakter yang di tunjukkan oleh Negara Malaysia dan jepang untuk menjadi bangsa besar. DISIPLIN.

Dan Alhamdulillah, mental disiplin ini telah saya praktekkan seiring perjalanan saya didunia training dan pengembangan diri. Contohnya ketika saya mengadakan training, saya berusaha untuk hadir lebih awal dibandingkan tim saya. Bahkan ketika bertemu klien, saya selalu datang lebih dulu sebelum klien hadir. Jika memang, situasi dan kondisi tidak memungkinkan untuk tepat waktu, saya langsung mengkonfirmasi rekan yang saya ajak janji agar dia tahu bahwa saya agak telat.

Lalu, kalau kita sudah sama-samatahu, disiplin adalah kunci sukses. Mengapa Anda belum juga disiplin terhadap hidup Anda?

Mari kita putuskan, memiliki mental disiplin dalam hidup kita. Jika mental disiplin sudah tertanam, percayalah sukses tinggal tunggu waktu saja.