Pages Navigation Menu

Cara Membangun Hubungan Yang Baik Dengan orang lain

Cara Membangun Hubungan Yang Baik Dengan orang lain

Menurut berbagai survei, sekitar 85% persen dari kesuksesan dalam hidup berkaitan secara langsung dengan kemampuan berkomunikasi dan keterampilan membina hubungan. Hal ini menandakan bahwa tidak peduli seberapa tinggi tingkat pendidikan Anda dan seberapa banyak gelar yang Anda dapatkan, tanpa kemampuan komunikasi yang efektif Anda menjadi orang rata-rata dalam membangun hubungan dengan orang lain. Dan diartikel kali ini saya akan membahas bagaimana langkah sederhana cara membangun hubungan yang baik dengan orang lain.

Dan percayakah Anda bahwa gelar akademik, nilai rata-rata pendidikan formal tidak berpengaruh secara langsung dengan kemampuan membina hubungan dengan orang lain? Mungkin bagi Anda yang belum bisa atau terbiasa membangun hubungan dengan orang lain atau berkomunikasi secara asyik dengan mereka, saran saya berlatih dimulai dari lingkaran terkecil terlebih dahulu.

Misalkan, lingkaran sahabat-sahabat Anda, keluarga Anda, tempat ngumpul atau komunitas Anda. Ya mulailah dari situ terlebih dahulu. Aktiflah dan mulai keluarkan pendapat Anda! Dengan begitu, kemampuan komunikasi Anda secara perlahan-lahan akan terbentuk. Lalu setelah itu, perluaslah lingkaran Anda. Hingga disuatu saat Anda sudah terbiasa berkomunikasi dan membina hubungan dengan orang lain.

Bila telah memutuskan untuk mencoba terhubung dan terkait dengan lingkaran Anda, Anda perlu menanyakan pertanyaan-pertanyaan ini pada diri anda sendiri :

– Apakah Anda menemukan kesamaan dengan lingkaran Anda?

– Apakah kehadiran Anda membuat mereka merasa nyaman?

– Apakah mereka merasakan emosi yang positif akibat berinteraksi dengan Anda?

Jika jawaban dari ketiga pertanyaan diatas adalah Ya, keputusan Anda harus segera direalisasikan!

Selamat berkomunikasi dan membangun hubungan dengan orang lain!