Pages Navigation Menu

Menjadi Komunikator yang Handal

Menjadi Komunikator yang Handal

Siapa diantara Anda yang ingin menjadi komunikator yang handal?

Siapa diantara Anda yang ingin memperbaiki kemampuan komunikasi Anda?

Baik, artikel kali ini saya siap membahas bagaimana menjadi komunikator yang handal dan sekaligus meningkatkan kemampuan komunikasi Anda tentunya dalam konteks membangun hubungan dengan orang lain atau ketika Anda bertemu dengan komunitas Anda. Mengapa ini penting? Karena banyak sekali orang-orang diluar sana merasakan kesulitan ketika menghadapi atau berhadapan dengan rekan-rekan di satu organisasi atau komunitas.

Semoga poin-poin berikut ini menjadi solusi untuk Anda. Jika Anda lakukan poin-poin dibawah ini, lihat perubahan dalam diri Anda.

  1. Berikan kesan bahwa Anda antusias berbicara mereka. Ketika Anda memberi mereka kesan bahwa Anda sangat antusias berbicara dengan mereka dan bahwa Anda peduli kepada mereka, Anda membuat perasaan mereka lebih positif, percaya diri dan lebih terbuka kepada Anda.
  2. Ajukan pertanyaan tentang minat mereka. Ajukan pertanyaan terbuka yang akan membuat mereka berbicara tentang minat dan kehidupan mereka. Galilah sedetail mungkin sehingga akan membantu mereka memperoleh perspektif baru tentang diri mereka sendiri dan tujuan hidup mereka. Dengan begitu, komunikasi akan berlangsung dengan sangat cair dan Anda dapat tempat dihati mereka.
  3. Sesuaikan dengan bahasa tubuh dan perasaan mereka. Rasakan bagaimana perasaan mereka pada saat ini dengan amati bahasa tubuh dan nada suara mereka dengan cara yang elegan. Langkah selanjutnya, Anda sesuaikan kata-kata, bahasa tubuh, dan nada suara anda dengan mereka. Jika Anda lakukan poin ini, lihat saja apa yang terjadi.
  4. Tunjukkan rasa kagum. Salah satu cara terbaik untuk berhubungan dengan orang secara cepat adalah dengan cara menjadi jujur dan memberitahu mereka mengapa Anda menyukai atau mengagumi mereka. Jika menyatakan secara langsung dirasakan kurang tepat, cobalah dengan pernyataan tidak langsung. Kedua pendekatan tersebut bisa sama-sama efektif.
  5. Dengarkan dengan penuh perhatian semua yang mereka katakan. Jangan terlalu berfokus pada apa yang akan Anda katakan selanjutnya selagi mereka berbicara. Sebaliknya, dengarkan setiap kata yang mereka katakan dan responlah sefektif mungkin. Hal ini menunjukkan bahwa Anda benar-benar mendengarkan apa yang mereka katakan dan Anda sepenuhnya terlibat di dalam suasana bersama dengan mereka. Juga pastikan untuk bertanya setiap kali ada sesuatu yang tidak mengerti pada hal-hal yang mereka katakan.
  6. Beri mereka kontak mata yang lama. kontak mata yang kuat mengkomunikasikan kepada orang lain bahwa Anda tidak hanya terpikat oleh mereka dan apa yang mereka katakan tetapi juga menunjukkan bahwa Anda dapat dipercaya. Ketika dilakukan dengan tidak berlebihan, mereka juga akan menganggap Anda yakin pada diri anda sendiri karena kesediaan anda untuk bertemu mereka secara langsung. Akibatnya, orang secara alami akan lebih memperhatikan Anda dan apa yang anda katakan.
  7. Ungkapkan diri Anda dengan santun. Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan kepercayaan seseorang adalah dengan mengungkapkan diri seterbuka mungkin dengan cara yang santun. Titik tekannya adalah, ketika anda bercerita tentang diri anda, pastikan untuk tidak menyebutkan hal-hal yang menyimpang terlalu jauh dari minat mereka.
  8. Berikan kesan bahwa Anda berdua berada di tim yang sama. Gunakan kata-kata seperti “kami, kita ” untuk segera membangun sebuah ikatan. Bila anda menggunakan kata-kata tersebut, Anda membuatnya tampak seperti Anda dan mereka berada di tim yang sama, sementara orang lain berada di tim yang berbeda.
  9. Berikan mereka senyuman terbaik. Ketika Anda tersenyum pada orang, Anda menyampaikan pesan bahwa Anda menyukai mereka dan kehadiran mereka membawa kebahagiaan buat Anda.
  10. Berikan saran yang bermanfaat. Kenalkan tempat makan yang pernah Anda kunjungi, film yang Anda tonton, orang-orang baik yang mereka ingin temui, buku yang Anda baca, peluang karir, bisnis atau apa pun yang terpikirkan oleh Anda. Jelaskan apa yang menarik dari orang-orang, tempat atau hal-hal tersebut. Jika Anda memberi ide yang cukup menarik perhatian mereka, mereka akan mencari Anda ketika mereka memerlukan seseorang untuk membantu membuat keputusan tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya.
  11. Beri mereka motivasi. Jika orang yang anda hadapi lebih muda atau dalam posisi yang lebih sulit dari Anda, mereka mungkin ingin mendengar beberapa kata motivasi dari Anda. Mengapa? Karena Anda lebih berpengalaman dalam menjalani kehidupan. Yakinkan mereka bahwa mereka dapat melampaui masalah dan keterbatasan mereka, sehingga mereka akan berharap menjadikan Anda sebagai teman yang enak untuk diajak bicara.
  12. Sebut nama mereka dengan cara yang menyenangkan. Nama seseorang adalah salah satu kata yang memiliki emosional yang sangat kuat. Apalagi Anda paham sekali bagaimana Anda mengatakan nama mereka. Ketika Anda menyebutkan nama mereka lebih menyentuh dibanding orang lain yang mereka kenal, mereka akan menemukan bahwa Anda lah sahabat yang paling berkesan.
  13. Tawarkan untuk menjalani hubungan selangkah kedepan. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memajukan persahabatan anda dengan seseorang, tawaran untuk makan dengan mereka, berbicara sambil minum kopi, melihat pertandingan olahraga, dll. Meskipun jika orang tersebut tidak menerima tawaran Anda, mereka akan tetap tersanjung bahwa Anda ingin mereka menjalani persahabatan ke tingkat yang lebih tinggi. Di satu sisi, mereka akan memandang Anda karena anda memiliki keberanian untuk membangun persahabatan bukan mengharapkan persahabatan yang instan.

Jika Anda dapat mengembangkan beberapa saja dari teknik diatas, Anda secara dramatis dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk berhubungan dengan orang dari semua lapisan dalam hidup Anda.

Untuk hasil terbaik, santai saja dan biarkan teknik ini mengalir dari dalam diri anda secara alami. Pilih teknik-teknik yang paling cocok dengan kepribadian Anda dan Anda harus mengerti dan memahami apa tujuan Anda ketika berinteraksi dengan orang lain. Serta belajarlah untuk bisa merasakan teknik mana yang cocok ataupun tidak cocok dengan berbagai macam karakter orang dan situasi sesuai dengan kepridadian Anda.

Ketika anda berhasil mengembangkan kemampuan anda berkomunikasi dengan orang-orang, maka akan membawa Anda pada banyak sekali peluang baru yang tidak tersedia untuk anda sebelumnya. Itulah kekuatan menjadi seorang komunikator yang handal.

Silakan Bagikan Artikel IniShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Print this pageShare on LinkedInPin on Pinterest