Pages Navigation Menu

Cara Menentukan Passion

Cara Menentukan Passion

Bagaimana cara menentukan passion kita?

Mark S. Albion dalam bukunya Making a Life, Making a Living meneliti 1500 lulusan universitas di Amerika dari tahun 1960-1980. 1500 mahasiswa tersebut dibagi kedalam 2 kelompok. Kelompok A adalah mahasiswa yang lulus kuliah, lalu bekerja sesuai dengan latar belakang jurusan kuliahnya agar segera mendapatkan uang. Kelompok B adalah mahasiswa yang bekerja sesuai dengan PASSION atau GAIRAH-nya, seringkali tidak sesuai dengan latar belakang jurusan kuliahnya, bahkan di awal mereka tidak menghasilkan banyak uang.

Setelah 20 tahun penelitian, Mark Albion menemukan bahwa terdapat 101 orang Milyuner dari 1500 orang tersebut. 1 orang Milyuner adalah dari kelompok A yang bekerja sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Dan 100 orang Milyuner berasal dari kelompok B yang mengedepankan PASSION sebagai energi kesuksesannya.

Penelitian ini menjadi semangat dan dorongan untuk kita, agar kita memiliki Passion yang tepat. Betul?

Siapa diantara Anda yang detik ini, sudah memiliki Passion? Ada?

Saya ucapkan selamat, bagi yang telah memiliki Passion. Bagi yang belum, yuk ah temukan segera Passion Anda.

“Kang, bagaimana cara menentukan Passion saya? Karena banyak sekali pilihan profesi yang bisa menjadi Passion saya?” Sebuah pertanyaan yang sering ditanyakan dikelas Training DeMiracle in YOU.

Pernah mengalami ditanya seseorang pertanyaan seperti ini?

Atau jangan-jangan Anda juga menanyakan hal ini?

Biasanya ini dialami oleh rekan-rekan yang terbilang belia. Mengapa? Karena bisa jadi, energi anak muda besar dan keinginannya menggebu-gebu, akhirnya tidak sedikit anak muda yang menggarap banyak hal. Atau menekuni banyak profesi. Efeknya sudah bisa ditebak. Semua pasti tidak optimal dan tidak fokus.

Lalu bagaimana caranya kita menentukan prioritas aktivitas atau profesi kita agar menjadi Passion kita. Semoga cara ini bisa Anda gunakan untuk mengatasi kebingungan Anda.

Langkah 1 : Tuliskan semua aktivitas atau profesi yang ingin Anda jalani! Untuk jumlah tidak dibatasi.

Misalkan :

  1. Psikolog Anak
  2. Trainer Pengembangan diri
  3. Pengusaha Kuliner
  4. Penulis Best Seller
  5. Traveller

Langkah 2 : Mulailah dengan membandingkan hal-hal yang Anda ingin jalankan. Dengan menanyakan “Mana yang lebih nyaman, Menjadi … atau menjadi … lalu berikan tanda garis yang menurut Anda lebih nyaman.

Contoh : mana yang lebih nyaman menjadi psikolog anak atau menjadi Trainer pengembangan diri? Misalkan lebih nyaman menjadi seorang Trainer Pengembangan diri.

Cara membandingkannya adalah :

Nomor 1 : bandingkan no 2 ; bandingkan no 3 ; bandingkan no 4 ; bandingkan no 5.

Lalu berlanjut ke no 2!

Nomor 2 : bandingkan no 3 ; bandingkan no 4 ; bandingkan no 5.

Berlanjut ke 3!

Nomor 3 : bandingkan no 4 ; bandingkan no 5.

Lalu terakhir no 4!

Nomor 4 : bandingkan no 5.

Hasil akhir :

  1. Psikolog Anak II
  2. Trainer Pengembangan diri IIII
  3. Pengusaha Kuliner
  4. Penulis Best Seller I
  5. Traveller III

Langkah 3 : Berikan prioritas hasil akhir yang sudah Anda nilai!

Contoh dari hasil akhir diatas adalah :

Nomor 1 adalah : Trainer Pengembangan diri

Nomor 2 adalah : Traveller

Nomor 3 adalah : Psikolog Anak

Langkah 4 : Jika Anda belum yakin dengan hasil akhirnya, silahkan disimulasikan kembali dimulai dari langkah 1, akan lebih baik dibantu oleh seseorang yang menjadi rekan Anda dalam menentukan Passion Anda.

Langkah 5 : Setelah Anda paham bagaimana cara menentukan passion Anda, dan sudah jelas hasilnya. Mulailah fokus kepada passion Anda. Bergairahlah menjalani proses demi proses. Nikmati dan rasakan hasilnya.

Silakan Bagikan Artikel IniShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Print this pageShare on LinkedInPin on Pinterest