Pages Navigation Menu

Rahasia Presentasi Sukses : Mengingat Pesan Anda

Rahasia Presentasi Sukses : Mengingat Pesan Anda

Manusia adalah pendengar yang BURUK. Rata-rata, setiap sembilan sampai sepuluh detik, setiap audience akan mendengarkan hal lain selain suara Anda. Ya itu betul. Ini disebut dengan “Penyimpangan mental”, dan ini alamiah atau fitrah.

Ini artinya, suara Anda seperti riuh dan rendah. Naik dan turun, terdengar dan tidak terdengar. Audience cenderung melupakan 80% pesan Anda. Di sinilah bergunanya perangkat non verbal Anda. Suara, alat bantu visual, alat peraga dan sebagainya.

Itu sebabnya, Anda harus terlatih menciptakan berbagai hal yang “memaksa” mereka mau mendengarkan Anda, di saat-saat tertentu. Di saat-saat mereka melanglang buana, yang bisa dipahami dari reaksi mereka.

Contoh paling sederhana adalah apa yang dilakukan oleh seorang ustad ternama, yaitu AA Gym” “Haloo? Gimana nih Bapak-bapak?”

Atau dikelas-kelas pelatihan saya, seringkali menggunakan kata-kata seperti, HAI – HALO dan SETUJU – SEPAKAT.

Cara yang lebih efektif, adalah melupakan persoalan telinga mereka, dan melibatkan mereka secara langsung. Ya libatkan mereka, libatkan perasaannya, pikirannya, aktivitasnya, tindakannya, nurani, panca indera, hati dan fisiknya. Dengan begitu, “lupa” mereka bisa ditekan sampai 50%.

Disamping itu, teknik bertanya adalah teknik yang sangat efisien untuk melibatkan mereka didalam pembicaraan Anda. Atau bisa dengan melakukan survey atau polling, seperti yang dilakukan oleh salah satu motivator terbaik di Indonesia Mario Teguh.

Menciptakan simulasi, games atau gimmict tertentu menjadi sebuah pilihan yang tepat untuk mendudukkan kembali pikiran melayang-layang audience Anda. Karena dengan melibatkan lebih banyak, pesan Anda menjadi lebih efektif.

Selamat mencoba rahasia presentasi sukses ini!