Pages Navigation Menu

Merespon Makna tentang Sikap Menghadapi Masalah

Merespon Makna tentang Sikap Menghadapi Masalah

Apa yang Anda lakukan ketika mempunyai masalah?

Apakah Anda merespon makna yang tepat masalah yang Anda hadapi?

Perasaan galau, bingung tak tentu arah, cemas, takut melangkah atau mengambil keputusan pasti ada dalam pikiran, maunya cepat mengambil keputusan & segera selesai, beres…

Ya, manusia yang hidup di dunia ini tidak bisa terbebas dari sebuah masalah sekecil apapun. Karena hanya orang yang tinggal dialam kuburlah yang bisa terbebas 100 % dari sebuah masalah di dunia. Tinggal bagaimana Anda merespon setiap masalah yang datang hingga terselesaikan dengan tepat.

Pernahkah Anda mengalami sebuah masalah dan berkata “saya tidak sanggup lagi menghadapi hidup ini!” atau dengan sikap menyalahkan, “sungguh Tuhan tidak adil!”. Naah sebaiknya sebelum mengeluh dan menyalahkan coba introspeksi dulu bagaimana Anda menyelesaikan persoalan tersebut.

Sudahkan Anda menyambut masalah? Ketika masalah itu datang Anda berkata “selamat datang masalah”. Mungkin menurut Anda ini sangat aneh, masalah ko disambut?

Tenang dulu, ketika masalah hadir sudah seharusnya Anda membuka masalah, sambut dengan hangat, lalu pahami. Dengan terbukanya masalah akan lahir hikmah dan kita disadarkan pada sebuah kesalahan yang pernah dilakukan sebagai upaya mencegah kedatangannya di masa depan.

Masalah merupakan batu loncatan keberhasilan Anda, oleh karena itu Anda butuh keterampilan untuk bergaul dengan masalah. Masalah itu hadir bisa jadi sebagai peringatan atau teguran untuk Anda juga untuk meningkatkan level hidup Anda dan untuk kebaikan-kebaikan lain yang masih tersembunyi.

Tuhan tidak pernah salah mengirimkan masalah kepada kita. Karena sudah jelas siapa yang akan menerima, dimana alamatnya dan seperti apa masalahnya. Seperti halnya pak pos yang akan mengirimkan surat, sudah tertera alamat dengan jelas dan terbungkus sehingga tidak salah alamat, nyasar dan tidak terbuka sebelum sampai kepada si penerimanya.

Coba Anda perhatikan fenomena alam yang terjadi pada metamorfosis kupu-kupu. Kupu-kupu yang lahir ke alam bebas diciptakan melalui perjuangan atau proses perjalanan yang panjang. Mulai dari ulat yang sangat menjijikan, yang dijauhi oleh orang-orang kemudian berubah menjadi kepompong yang buruk rupa dan sangat tidak menarik. Ketika sedang menjelma sebagai kepompong, di sana sedang terjadi proses perubahan atau metamorfosa. Perjuangan kupu-kupu buat keluar dari kepompongnya tidak mudah. Ia harus secara perlahan dan hati-hati berusaha membebaskan diri, terus mendesak tak kenal lelah untuk keluar dari benang-benang halus kepompong yang membungkusnya hingga akhirnya kepompong pun robek dan kupu-kupu bisa bebas mengepakkan sayap indahnya.

Berbeda nasibnya ketika kupu-kupu itu keluar dari kepongpong dengan bantuan tangan Anda secara dipaksa keluar sebelum waktunya, dapat jadi dia akan mengalami stigma seumur hayati atau justru meninggal sebab tak dapat bertahan hidup.

Masalah itu datang pada Anda bisa jadi karena Anda salah mengambil tindakan yang mengakibatkan resiko secara fisik atau perasaan orang lain atau bisa jadi menunda untuk menyelesaikan persoalan kecil yang masih mudah Anda selesaikan, krn Anda menundanya maka masalah itu akan berkembang menjadi masalah yang besar.

Masalah itu seperti bungkus atau cangkang dari hadiah yang dikirimkan Tuhan untuk Anda. Bungkus sebagai fungsi untuk melindungi atau merahasiakan hadiah yang ada didalamnya sehingga tidak tertukar atau direbut orang lain. Datangnya masalah akan meningkatkan kualitas hidup pribadi Anda dan menghadirkan kehidupan yang lebih baik, bahagia, dan sukses.

Ketika menghadapi masalah, sikap merespon adalah faktor penting dalam penentu apakah masalah itu menjadi akan menjadi pribadi yang tangguh atau kerdil. Para pengusaha sukses, pemimpin besar, bahkan orang-orang kaya sekalipun, mereka bisa menjadi orang sukses bukan absen dari masalah, tetapi mereka mendapatkan masalah yang besar dan dapat merespon setiap masalah dengan tepat.

Setiap kejadian dalam kehidupan sehari-hari yang dialami akan mengandung pesanNya. Jika Anda dapat membacanya Anda akan mendapatkan pelajaran atau hadiah. Dampak dari setiap kali bertambahnya masalah, hidup Anda diciptakan semakin bahagia, sejahtera dan sukses.

Mari kita sambut setiap masalah yang hadir sebagai sahabat!

Silakan Bagikan Artikel IniShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Print this pageShare on LinkedInPin on Pinterest