Pages Navigation Menu

Jadilah Distributor Kebaikan

Jadilah Distributor Kebaikan

Judul artikel ini ‘jadilah distributor kebaikan’, terinspirasi oleh film Pay it Forward, film yang penuh hikmah. Dikisahkan di film tersebut ada seorang anak kecil yang mendapatkan tugas dari guru sosialnya untuk membuat sebuah program “MENGUBAH DUNIA ; Change the World”

Trevor (peran anak kecil tersebut) menciptakan sebuah program yang sangat sederhana yang sebenarnya bisa dilakukan oleh semua orang, akan tetapi tidak pernah terpikirkan oleh mereka. Programnya hanya melakukan kebaikan ketiga orang, dan tiga orang tersebut juga melakukan kebaikan ketiga orang berikutnya. Sembari mengatakan ‘Pay it Forward’. Ternyata untuk melakukan kebaikan kepada orang-orang yang kita cintai tidak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh ketulusan dan keberanian untuk melakukannya.

Awalnya, sang pemeran utama melakukan kebaikan kepada ibunya terlebih dahulu. Karena Trevor hidup hanya bersama ibunya, dan sang Ibu memiliki kebiasaan meminum minuman keras. Setiap malam Trevor membuang minuman berakolhol itu sedikit demi sedikit dan diganti oleh air putih.

Suatu hari, sang Ibu merasa janggal dengan minumannya. Kok tidak seperti biasanya, lebih hambar. Sang Ibu langsung mengetahui pasti ini perbuatan anaknya. Lalu, dipanggilah Trevor dan langsung dimarahi habis-habisan. Karena Trevor sudah berniat melakukan kebaikan kepada Ibunya dan melaksanakan program MENGUBAH DUNIA ini, dia tetap bertahan. Hingga disuatu puncak kemarahan Ibunya, Ibu Trevor menanyakan kepada anaknya, “Sebenarnya, apa yang kamu inginkan sayang?”

“Aku sayang Ibu, aku cinta Ibu. Aku ingin menjadi anak kebanggaan Ibu.”

Mendengar jawaban yang keluar dari mulut anaknya, Ibu mana didunia ini yang tidak tersentuh. Dan tanpa diperintah, Ibu Trevor memeluk sangat erat anaknya, dan mengatakan, “Terimakasih nak, kamu memang kebanggaan Ibu. Apa yang bisa Ibu lakukan untuk kamu?”

Dengan terisak-isak Trevor pun menjawab, “Ibu ngga usah membalas kebaikan kepada Trevor. Silahkan Ibu lakukan kebaikan kepada orang lain, dan katakan ‘Pay it Forward’.

Setelah melakukan kebaikan kepada Ibunya, dia melakukan kebaikan kepada orang lain dan terus berkomitmen untuk melaksanakan program ini. Tapi apa yang terjadi di akhir film, ternyata Trevor meninggal dunia karena ditusuk oleh anak jalanan, karena dia berusaha menyelamatkan orang yang ketiga yang ingin dia bantu.

Yang menginspirasi dari hasil akhir film tersebut, ternyata di saat meninggalnya Trevor di datangi banyak orang yang terkena program “Pay it Forward”. Konsep duplikasi kebaikan tiga-tiga, dari 3 menjadi 9 orang, dan dari 9 orang menjadi 27 orang, dan begitu seterusnya. Seperti konsep bisnis jaringan (Multi Level Marketing), bedanya disini yang di duplikasikan adalah kebaikan. Sederhana. tapi benar-benar efektif untuk mengubah dunia.

Hikmah dari film tersebut adalah jadilah Distributor Kebaikan. Jadilah kita sebagai Trevor. Orang yang berbuat baik kepada siapapun. Ketika kita berbuat baik kepada orang lain, sebenarnya kebaikan itu datang kembali kepada kita. Buktinya di akhir masa hidupnya, Trevor didatangi ribuan orang yang merakasan program kebaikannya.

Pertanyaannya adalah, apakah kita sudah melakukan kebaikan hari ini ?

Mungkin ini lah saatnya kita menjadi seorang distributor kebaikan. Seorang yang tidak segan-segan melakukan kebaikan kepada siapapun.

Kalau bingung mau mulai darimana, lakukan dari hal-hal yang terkecil terlebih dahulu. Misalnya, Anda melihat piring di dapur kotor, cucilah dengan tenaga Anda dan tentunya Anda niatkan untuk berbuat kebaikan. Atau ada kotoran di halaman rumah Anda, DO IT ! singkirkan kotoran itu. Maka halaman Anda akan terlihat indah, dan niatkan Anda berbuat kebaikan. Atau bahkan memindahkan paku di jalan, khawatir ada orang yang celaka dan tertusuk paku itu. Sederhana, tapi efeknya luar biasa.

Semoga kita selalu menjadi orang terdepan dalam berbuat kebaikan… dan pesan terakhir dari artikel ini sesegeralah mungkin mendaftar atau menjadi member DISTRIBUTOR KEBAIKAN.