Pages Navigation Menu

Pikiran Bawah Sadar Alat Ajaib Dari Tuhan

Pikiran Bawah Sadar Alat Ajaib Dari Tuhan

Benarkah kemampuan manusia tidak terbatas? Ya kemampuan manusia sesungguhnya tidak terbatas. Unlimited, seperti iklan kartu salah satu operator.

Mau bukti ? Mari kita simak bersama-sama fakta tentang otak. Menurut penelitian terbaru, setiap orang dilahirkan dengan susunan neurologi dasar yang hampir sama. Kita memiliki kira-kira 1000 miliar sel saraf di dalam otak kita, di mana setiap sel mampu mengolah informasi dengan kecepatan yang lebih besar daripada komputer Pentium 4.

Bahkan ada orang yang menghitung, jika ingin membangun sebuah komputer super dengan kemampuan pemrosesan dan kapasitas memori mendekati otak manusia, maka besar komputer tersebut panjangnya harus lima puluh kali lapangan sepak bola dan tingginya sama dengan patung liberty, wow amazing. Dan lebih ajaib lagi, otak kita hanya memerlukan daya listrik harian yang lebih kecil daripada bola lampu 10 watt! Huff… benar-benar mengagumkan. Begitu hebatnya otak kita, begitu juga dengan apa yang bisa kita lakukan dengannya.

Dan otak bekerja memalui fenomena listrik dan dapat diukur dengan alat yang namanya Electroencephalography (EEG). Tak ada satu pun ciptaan manusia yang menandingi perangkat otak ini. Otak adalah anugrah terbesar dari Tuhan bagi manusia sebagai khalifah di bumi ini. Sayang sekali manusia selama hidupnya hanya menggunakan 1-5% saja dari kemampuan otaknya sehingga lebih dari 95% talenta atau kemampuan yang diberikan Tuhan terkubur bersama jasad manusia.

Nah apa yang membedakan manusia dengan mahluk yang lain?

Manusia dianugrahi oleh Allah, Sang Pencipta, yaitu sebuah tools atau alat yang begitu dahsyat, disebut dengan otak dan pikiran. Kalau dihubungkan dengan dunia komputer, serta perkembangan yang sangat pesat di bidang IT (Information Technology), saya ibaratkan otak adalah Hardwarenya dan pikiran softwarenya. Sayangnya, kebanyakan manusia, lupa, tidak tahu atau bahkan gak mau tahu tentang potensi otak dan pikiran ini.

Rekan-rekan semua, Tuhan telah menyiapkan alat, tools, properti terdahsyat dibandingkan mahluk lain. Tinggal masalahnya kita gunakan atau tidak?

Tadi Anda sudah mengetahui kehebatan tentang otak, hardwarenya. Sekarang kita akan beralih ke software manusia, yaitu pikiran.

Pikiran manusia terbagi dua, pikiran sadar dan pikiran bawah sadar. Lagi-lagi menurut penelitian terkini, pikiran bawah sadar (Sub-conciouss Mind) mempengaruhi hampir 88 – 90 % kehidupan manusia. Dan efektifitasnya sangat berpengaruh dalam kesuksesan manusia.

Sebaliknya, kemampuan pikiran sadar manusia (Concious Mind) hanya mempengaruhi 10 – 12 % kehidupan manusia. Penelitian yang membuat saya terkejut dan takjub serta semakin bersyukur kepada Allah sebagai Pencipta kita semua. Walaupun begitu kedua fungsi pikiran ini sama-sama penting yah untuk kita sebagai manusia.

Lalu apa fungsi pikiran sadar?

  • Tugas dan fungsi pikiran sadar (Conscious) yang pertama adalah, untuk mengidentifikasi informasi yang masuk. Informasi yang masuk di identifikasi oleh panca indra kita. Misal penglihatan, pendengaran, pengecap, sentuhan.
  • Tugas dan fungsi yang kedua adalah membandingkan. Bila ada informasi yang masuk, pikiran sadar selalu membandingkan ke database kita yang lama. Atau pengalaman-pengalaman kita yang sudah kita alami.
  • Selanjutnya tugas dan fungsi pikiran sadar adalah, menganalisis. Karena tugasnya meng-analisis, berarti berhubungan dengan logika, dan biasanya informasi itu dipilah menjadi komponen-komponen yang kecil.
  • Dan tugas dan fungsi yang terakhir adalah memutuskan (Will Power). Contoh, ketika Anda memilih suatu barang, pilih barang A atau pilih barang B. Maka, fungsi ini yang akan berperan. Dan juga, disinilah wadahnya rasionalitas bersemayam.
  • Pikiran sadar memorinya jangka pendek. Tidak seperti pikiran bawah sadar, yang bisa merekam sebuah informasi jangka panjang.
  • Ataupun fungsi yang lainnya adalah berhitung dan mengkalkulasi. Fungsi ini biasanya dipakai ketika kita belajar matematika ataupun yang berhubungan dengan angka.

Sedangkan fungsi pikiran bawah sadar :

Yang pertama, pikiran bawah sadar tempatnya konsep diri berada. Apa itu konsep diri? Konsep diri merupakan pandangan tentang diri kita sendiri. Bagaimana kita memandang tentang diri kita, positif atau negatif? Dan ternyata yang menentukan seseorang sukses atau gagal itu sangat ditentukan dari konsep diri seseorang.

Yang kedua, adalah kebiasaan. Saya meyakini dalam hidup ini pasti ada sebuah pola. Sukses dan gagal pun punya pola. Dan pola itu disebut kebiasaan. Pilihlah kebiasaan-kebiasaan yang membuat Anda berdaya, bukan sebaliknya. Karena karakter kita awalnya dibentuk oleh kebiasaan kita.

Yang ketiga adalah, belief. Apa itu belief? Belief adalah keyakinan. Bukan keinginan. Kalau kita yakin, dan terus meyakini bahwa kita bisa menjadi orang yang sukses dan bahagia, Insya Allah itu akan menjadi kenyataan. Makanya ada ungkapan yang sangat bagus dari seorang bijak. “hati-hati apa yang kamu yakini”.

Yang keempat adalah, Emosi. Pikiran bawah sadar menyimpan sangat rapi tentang pengalaman emosional manusia. sangat rapi dan tertata. Dan saya yakin, kamu pasti lebih ingat pengalaman yang emosional dibandingkan pengalaman yang biasa-biasa saja. Pastinya kamu sudah lupa rumus matematika atau fisika waktu kamu masih SMP? Dan tentunya kamu masih sangat mengingat ketika kejadiaannya sama-sama di SMP, siapa guru yang paling galak. Perempuan / Pria yang paling cantik / tampan serta menggemaskan. Atau seseorang yang paling nyebelin. Saya yakin ingetan temen-temen masih kuat. Mengapa bisa begitu? Karena Anda mengingat dengan menggunakan emosi, dan emosi terletak di pikiran bawah sadar, dan pikiran ini mempunyai memori jangka panjang. Sedangkan pelajaran matematika atau fisika waktu SMP, masuknya ke pikiran sadar. Karena ketika kamu belajar matematika atau fisika tidak memakai emosi. Semuanya menggunakan analisis, hitung-hitungan.

Yang kelima adalah persepsi, atau disebut mindset, cara pandang. Pola pikir seseorang terhadap sesuatu. Menariknya, apapun yang kita lakukan pastinya tergantung cara pandang kita. Cara pandang kita terhadap sesuatu hal negatif sudah otomatis apa yang kita lakukan juga tak bertenaga. Begitu juga sebaliknya, cara pandang kita positif. Tentunya apa yang kita lakukan jadi lebih powerfull.

Yang keenam, pikiran bawah sadar memorinya jangka panjang. Bahkan tempat atau gudang informasi semua ingatan kita. Mulai dari usia kandungan empat bulan sampai sekarang. Satu contoh sederhana adalah kemampuan kita sebagai manusia yaitu berjalan. Orang dewasa pun tidak menyadari, ketika kita berjalan sebenarnya kita memproses informasi dari pikiran bawah sadar kita pada saat kita belajar berjalan pada usia balita. Yah tanpa kita sadari. Dan itu adalah kekuatan pikiran bawah sadar.

Lalu pertanyaannya adalah, bagaimana memberdayakan pikiran bawah sadar menjadi senjata yang ampuh untuk kesuksesan hidup kita. Nah ini mungkin bisa menjadi salah satu cara yang efektif yang bisa dilakukan untuk memasukkan sugesti yang positif dan berdaya ke pikiran bawah sadar kita :

 

  1. Pastikan informasi dan sugesti yang kita masukkan ke pikiran, logis dan masuk akal. sehingga bisa diterima pikiran sadar agar pikiran sadar akan menguatkan pikiran bawah sadar. Akan jauh lebih baik jika ada suatu gambar / bayangan / imajinasi terhadap pemahaman tersebut.
  2. Cari atau dapatkan poin kata / kalimat pentingnya. Bahasa kerennya, MAKNA atau HIKMAH. Karena dengan menemukan makna atau hikmah, adalah sebuah stimulus untuk merangsang masuk ke pikiran bawah sadar kita.
  3. Rilekskan pikiran dan seluruh badan (masuk ke gelombang alfa). Sebaiknya dilakukan dengan cara memejamkan mata, cara yang efektif adalah putar bola mata keatas lalu pejamkan mata. Atau sebagai penambah tubuh kita agar lebih rileks dan tenang, dengarkan lagu-lagu yang tenang seperti lagu klasik atau suara-suara gelombang otak.
  1. Fokus dan konsentrasi dengan apa yang akan dikatakan atau dimasukan dalam pikiran kita dengan kondisi pikiran dan badan yang rileks dan tenang, lalu berbicaralah dengan diri sendiri berulang-ulang agar informasi dan sugesti yang positif dan berdaya masuk ke pikiran bawah sadar kita.
  2. Untuk lebih menguatkan, segerah minta bantuan kepada Hypnoterapist atau seseorang yang Anda sudah percayai untuk membantu Anda agar lebih menerima sugesti atau informasi yang positif dan berdaya untuk Anda.

Dan sebagai penutup dari artikel ini, izinkan seorang psikolog dari Amerika memberikan quotsnya kepada kita. “Penemuan terbesar dalam generasi saya adalah kesimpulan bahwa manusia dapat mengubah hidupnya hanya dengan mengubah sikap BERPIKIR nya.”