Pages Navigation Menu

Definisi Gagal dan Sukses

Definisi Gagal dan Sukses

Perjalanan untuk menggapai impian dan cita-cita memang penuh dengan tantangan. Entah tantangan dari dalam ataupun luar. Tak dipungkiri jua, hambatan seringkali membuat akhirnya kita berhenti dan menyerah. Yah… menyerah.

Suatu kali ada seseorang pemuda yang memiliki impian yang besar dalam hidupnya. Dia yakin sekali terhadap hasil yang diperolehnya. Tanpa pikir panjang, ia bekerja keras demi terwujudnya impiannya.

Ditengah perjalanan, sang pemuda tersebut tidak lagi menggebu-gebu seperti awal dia menjalani prosesnya. Ketika ditanya, apakah kamu masih berhasrat untuk mengejar impian mu?

“Tidak,” Jawab sang Pemuda.

Mengapa? Apa yang membuat kamu tidak memiliki keinginan untuk mengejar impianmu?

“Karena saya mengalami banyak kekecewaan dan kegagalan.”

Pernahkan Anda mengalami hal yang dialami pemuda tersebut? Pernah? Hayyoo ngaku. Kalau pernah saya ucapkan selamat.

Lho kok selamat?

Yah, karena tidak ada satupun orang sukses dan berhasil di dunia ini tidak mengalami kegagalan dan kekecewaan. Bahkan lebih banyak dibandingkan orang-orang biasa. Tidak percaya? Coba silaturahim ke orang-orang sukses yang kamu kenal! Pasti mereka bernada sama dengan artikel ini. Mereka pernah mengalami kegagalan dan kekecewaan. Betul?

Lantas, kalau seperti itu mengapa kita harus sedih dan menyerah?

Suatu kali, dikelas pelatihan saya kepada para pemuda harapan bangsa, saya menanyakan sebuah pertanyaan kepada mereka. Pertanyaan saya sederhana.

“Menurut Anda, lawannya gagal apa?”

Serempak mereka menjawab SUKSES. Yah mereka sepakat itu. Mereka beranggapan bahwa lawan kata dari gagal adalah sukses.

Lalu, kalau begitu menurut Anda lawannya sukses apa? Gagal kah?

Hemm,, jika memang jawabannya adalah gagal maka Anda salah.

Lawan kata dari gagal adalah MENYERAH. Lalu lawannya SUKSES apa? Sama, lawan kata sukses juga adalah menyerah.

Jadi, definisi gagal dan sukses adalah temenan. Mereka bersahabat. Karena orang-orang sukses pasti pernah merasakan kegagalan, dan orang-orang yang sekarang masih gagal, jika diteruskan usaha dan doanya pasti kesuksesan akan segera datang menghampiri. Yang membuat impian kita tidak terwujud adalah Anda menyerah terhadap perjuangan yang Anda lakukan atau Anda tidak pernah mencoba untuk memulai dengan langkah pertama.

So, logika sederhananya. Jika Anda ingin meraih kesuksesan, jangan takut gagal, kecewa, sedih, dan sebagainya. Karena itu semua merupakan sahabat-sahabat terbaik dalam hidup Anda untuk mengarungi samudra kehidupan yang begitu dinamis.

Selamat, menikmati kegagalan dan kekecewaan serta kesedihan, dan selamat berproses menuju kesuksesan.

Silakan Bagikan Artikel IniShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Print this pageShare on LinkedInPin on Pinterest