Pages Navigation Menu

Kemampuan Manusia Tidak Terbatas

Kemampuan Manusia Tidak Terbatas

Benarkah kemampuan manusia tidak terbatas?

Memang benar kemampuan manusia tidak terbatas. Unlimited, seperti iklan kartu salah satu operator. Mau bukti ?

Nih fakta tentang otak. Menurut penelitian terbaru, setiap orang dilahirkan dengan susunan neurologi dasar yang hampir sama. Sejak kita lahir, ternyata kita telah memiliki 100.000.000.000 (seratus miliar) sel otak aktif dan didukung oleh 900.000.000.000 (Sembilan ratus miliar) sel pendukung lainnya. Jadi, total ada 1 triliun sel otak. Kalau mau dibandingkan dengan mahluk yang lain, lihat aja dengan lebah yang hanya memiliki 7 ribu sel otak. Dan tahu apa yang bisa dilakukan oleh lebah? Yah betul sekali, lebah dapat mencari madu, pulang ke sarangnya, dan memberi tahu teman-temannya ke lokasi madu tersebut tanpa alat yang dinamakan GPS. Lantas dengan manusia? Seharusnya lebih hebat dan luar biasa kan?

Dan dari 1 triliun sel otak tersebut, di mana setiap sel mampu mengolah informasi dengan kecepatan yang lebih besar daripada komputer Pentium 4. Dan tahu enggak, yang lebih luar biasanya lagi, berat otak kita sekitar 1,5 kg atau sekitar 2% dari berat tubuh dan dioperasikan dengan bahan bakar glukosa dan oksigen.

Bahkan ada orang yang menghitung, jika ingin membangun sebuah komputer super dengan kemampuan pemrosesan dan kapasitas memori mendekati otak manusia, maka besar komputer tersebut panjangnya harus lima puluh kali lapangan sepak bola dan tingginya sama dengan patung liberty, wow amazing! Dan lebih ajaib lagi, otak kita hanya memerlukan daya listrik harian yang lebih kecil daripada bola lampu 10 watt!

Dan ternyata eh ternyata, jika seluruh jaringan telepon di dunia dikumpulkan, maka kemampuannya ekuivalen atau setara dengan kemampuan otak seukuran satu butir kacang tanah. Artinya, jika otak kita dioptimalkan benar, kemampuan kita lebih hebat dibanding seluruh jaringan telepon di dunia. Subhanallah…. Benar-benar mengagumkan. Begitu hebatnya otak kita, begitu juga dengan apa yang bisa kita lakukan dengannya.

Nah, sistem kerja otak juga bisa diukur lho. Melalui fenomena listrik dan dapat diukur dengan alat yang namanya Electroencephalography (EEG). Tak ada satu pun ciptaan manusia yang menandingi perangkat otak ini. Otak adalah anugerah terbesar dari Tuhan bagi manusia sebagai khalifah di bumi ini. Sayang sekali manusia selama hidupnya hanya menggunakan 1-5% saja dari kemampuan otaknya sehingga lebih dari 95% talenta atau kemampuan yang diberikan Tuhan terkubur bersama jasad manusia.

Yah betul, itu baru tentang otak. Bagaimana dengan yang lain? Wuiihhh…. Masya Allah. Wajib banyak bersyukur kan?

Nah apa yang membedakan manusia dengan mahluk yang lain. Betul sekali. Manusia dianugrahi oleh Allah, Sang Pencipta, yaitu sebuah tools atau alat yang begitu dahsyat, disebut dengan otak dan pikiran. Kalau dihubungkan dengan dunia komputer, serta perkembangan yang sangat pesat di bidang IT (Information Technology), saya ibaratkan otak adalah hardwarenya dan pikiran softwarenya. Sayangnya, kebanyakan manusia lupa, tidak tahu atau bahkan enggak mau tahu tentang potensi otak dan pikiran ini.

So, dengan data-data diatas. Menurut Anda apa kesimpulan yang dapat Anda ambil? Ya, betul. Kemampuan manusia tidak terbatas. Hanya manusia nya lah yang membatasinya. Selamat berkarya sebanyak mungkin dan tentunya untuk kebermanfaatan bagi orang lain.