Pages Navigation Menu

Mengubah Dunia dengan Berpikir Positif

Mengubah Dunia dengan Berpikir Positif

Perubahan dunia ada ditangan orang-orang muda yang berfikir. Berkembang pesatnya pendidikan dan teknologi karena banyaknya orang-orang muda yang berbondong-bondong menuangkan pikiran-pikiran besarnya.

Di setiap penjuru daerah bahkan di belahan Negara di dunia tidak asing lagi dengan banyaknya keterlibatan keterampilan para pemuda. Dan tentunya pemikiran orang muda saat ini sangat beragam, ada yang tertarik mengembangkan karir dengan passion, dan juga ada yang karena memenuhi kebutuhan.

Percayakah Anda, bahwa sukses itu tidak bisa diukur dengan latar belakang keluarga dan  gelar akademis seseorang, tetapi dapat diukur berdasarkan bagaimana caranya dia berpikir.

Misalkan Anda diberikan kesempatan untuk menjadi seorang pemimpin dan Anda memimpin team Anda untuk mencapai sesuatu ternyata ditengah-tengah proses team Anda mengalami kendala. Apakah Anda berpikir team itu gagal atau bahkan ini peluang untuk meningkatkan potensi team Anda? Disinilah tugas Anda sebagai seorang pemimpin untuk memberikan arahan supaya team Anda tetap bisa berpikir positif dalam keadaan apapun.

Nah, sekarang saya akan berbagi tips bagaimana caranya mengubah dunia dengan berpikir positif:

  1. Gunakan ungkapan Optimis

Jika Anda disapa teman Anda, apa yang akan Anda katakan? “hari ini saya sedang malas” atau “hari ini saya sangat bersemangat”. Terlihatkan perbedaannya mana jawaban yang pesimis dan optimis.

  1. Jangan gunakan ungkapan-ungkapan yang bernada fitnah

Bagaimana perasaan perasaan Anda, jika difitnah melakukan sesuatu yang tidak sesuai dengan kenyataan? Pasti tidak enak kan. Maka dari itu hindari ungkapan yang bernada fitnah.

  1. Gunakan ungkapan berbentuk pujian

Menurut Penelitian yang dilakukan Carol Dweck dan timnya selama sepuluh tahun terakhir, yang dilakukan pada siswa kelas-5 New York diberi 4 rangkaian tugas menyelesaikan puzzle yang sama. Menyatakan bahwa kelompok pertama diberi pujian atas kecerdasannya dan kelompok anak yang lain diberi pujian atas usahanya.

Intinya dari penelian tersebut, berikan pujian dengan tulus terhadap usaha dan kerja keras yang dilakukan oleh siapapun.

Semangat mengubah dunia dengan berpikir positif!

 

Yusti Septianingsih

Creative Manager