Pages Navigation Menu

Kiat Menjadi Pembicara Hebat

Kiat Menjadi Pembicara Hebat

Setiap orang pasti ingin bisa berbicara di depan publik dengan baik. Bicara dengan lantang dan luwes pada saat presentasi atau berbagi ilmu kepada orang lain. Tetapi kebanyakan dari mereka bingung bagaimana melakukannya dan dari mana harus dimulainya?

Apakah pemikiran tersebut ada selalu di benak Anda? Jika iya, bisa jadi beberapa tips dibawah ini bisa menjadi solusi dan kiat menjadi pembicara hebat. Selamat PRAKTEK!

  1. Masukilah ruangan dari sisi kiri pendengar.

Langkah ini halus tapi sangat mujarab, karena semua mata dan kepala pendengar bergerak ke arah kiri dengan demikian merangsang otak kanan untuk bekerja dan pendengar akan bersikap lebih terbuka dan menerima. Sehingga ketika posisi Anda berada di tengah-tengah audiens mereka semua terpukau melihat Anda.

  1. Postur Tubuh

Pendengar dapat mengetahui apa yang Anda rasakan atau pikirkan dari cara Anda bergerak dan berdiri. Jadi hadirkanlah sikap percaya diri, kegembiraan, kesungguhan dan antusiasmenya karena itu semua akan mencerminkan diri Anda yang sesungguhnya dan pertemuan pertama Anda akan berpengaruh terhadap image Anda.

  1. Penguasaan Materi

Kuasai materi yang akan Anda sampaikan. Kepercayaan diri dan antusiasme yang diciptakan saat menyampaikan materi itu menunjukan kapasitas kemampuan anda. Sampaikan materi dengan optimal dan manfaatkan audio-visual untuk membantu prosesnya dan berkatalah dengan bijak karena perkataan mencerminkan diri Anda.

  1. Metafora Kehidupan

Pusatkan pada minat pendengar dengan menyisipkan kisah-kisah metrofa yang Anda gabungkan. Misalnya menceritakanlah kegiatan pribadi atau professional yang berkaitan dengan materi yang akan disampaikan. Kisah yang diceritakan tersebut membangkitkan minat pendengar.

 

  1. Lakukan Kontak Mata

Ketika Anda berbicara di depan lakukan kontak mata dengan pendengar, lihatlah wajahnya dan tataplah mata mereka seolah-olah Anda sedang berbicara dengan mereka satu persatu. Karena pandangan mata sebagai pintu menuju hubungan yang simpatik, sehingga pendengar menjadi fokus pada pembicaraan yang sedang katakan.

  1. Tubuh Terbuka

Ketika Anda mulai berdiri didepan umum, pastikan semua tubuh Anda berposisi terbuka. Karena dengan terbuka, audiens pun siap membuka pikiran dan perasaannya untuk Anda.

  1. Memuji Peserta

Pujian dapat menyemangati peserta dan membangkitkan keinginan untuk terus belajar. Bentuk pujiannya bisa dengan bentuk memberikan tepuk tangan atau ungkapan terimakasih kepada mereka telah mengikuti seminar Anda.

Semoga kiat menjadi pembicara hebat diatas dapat membantu Anda untuk sesegera mungkin menjadi pembicara hebat. Selamat MENCOBA!

Silakan Bagikan Artikel IniShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Print this pageShare on LinkedInPin on Pinterest