Pages Navigation Menu

Setiap Orang Pemimpin

Setiap Orang Pemimpin

“Setiap orang diantara kamu adalah pemimpin dan setiap pemimpin bertanggungjawab atas apa yang ia pimpin.” Ya, setiap orang pemimpin!

Ungkapan yang membuat kita harus terus mengevaluasi diri sendiri. Apakah kita sudah bertanggung jawab terhadap apa yang kita pimpin? Seorang suami bertanggung jawab terhadap istri dan anak-anaknya. Seorang manager bertanggung jawab terhadap anak buahnya. Seorang guru bertanggung jawab terhadap murid-muridnya. Bahkan sejatinya setiap kita adalah pemimpin minimal untuk diri kita sendiri pemimpin untuk badan ,jiwa dan raga kita sendiri.

“kullukum ra’in wa kullukum masuin ‘an ro’iyyatihi’’

Apa kita sudah bisa mengendalikan atau memimpin dengan baik diri kita sendiri?

Pemimpin itu adalah suatu amanah yang Allah atau orang lain berikan kepada kita, dan sudah sepatutnya amanah itu harus kita jaga dan emban dengan baik dengan bentuk realisasi dalam pengerjaan kehidupan kita sehari-hari. Serta tugas pemimpin juga harus berbeda dan lebih extra dari orang lain.

Menurut Leroy eims : “Seorang pemimpin adalah orang yang melihat lebih banyak dari pada yang dilihat orang lain, melihat lebih jauh dari pada yang dilihat orang lain, dan melihat sebelum orang lain melihat”

Teladan yang baik sebagai acuan untuk seorang pemimpin adalah Rasulullah saw. Mari kita teladani beliau. Mengapa kita harus meneladani beliau? Karena beliau adalah pemimpin yang amanah, beliau adalah pemimpin teladan dan mengerti bagaimana caranya agar ia dekat dengan para bawahannya dan ia paham bagaimana caranya untuk memberikan contoh yang baik. Baik dalam perkataan maupun tindakan.

Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang tau akan tugas dan kewajibannya, memiliki visi dan misi, mempersiapkan target-target, serta apa saja yang akan di lakukan untuk menjapai tujuan dan visi misinya itu dan ia yang bisa menjaga hubungannya dengan para anggotanya.

Ingat walaupun kita bukan pemimpin untuk orang lain, dalam organisasi maupun pemimpin yang lainnya, kita pun mendapatkan mandat dari Tuhan untuk menjadi pemimpin untuk diri kita sendiri dan anggota tubuh kita. Berdayakan dan optimalkan sebaik mungkin. Karena kelak semua harus dipertanggungjawabkan.

So selamat menjadi PEMIMPIN…