Pages Navigation Menu

7 Prinsip Fundamental Revolusi Mental

7 Prinsip Fundamental Revolusi Mental

Rekan-rekan semua, pernahkah kita mendengar istilah Character Building atau pembangunan karakter / mental? Istilah ini semakin santer ketika Presiden kita, Pak Jokowi menggulirkan sebuah program yang bernama Revolusi Mental. Mungkin diantara kita pernah bertanya-tanya, mental apa yang harus direvolusi?

Lalu bagaimana caranya kita merevolusi mental atau karakter kita sehingga kita bisa menjadi seseorang yang sukses dan bahagia? Teringat sebuah pesan guru kehidupan saya, beliau mengatakan “jika kita lunak kepada diri sendiri, maka dunia akan keras kepada kita. Dan jika kita keras kepada diri sendiri maka dunia akan lunak kepada kita.”

Pada dasarnya segala sesuatu itu mesti tumbuh dan berkembang. Karena yang selalu bertumbuh dan berkembang lah, setiap orang akan memiliki karakter / mental yang kuat. Jika tidak maka ia akan layu dan mati. Demikian juga dengan manusia. Kita perlu dan harus terus memperbaiki dan meningkatkan kualitas diri agar bisa tetap survive, tumbuh dan berkembang di tengah dunia yang makin hari makin cepat perubahan dan perkembangannya ini. Karena itu menjadi seseorang yang mempunyai karakter / mental yang kuat itu wajib hukumnya kalau anda tidak ingin tergilas oleh laju roda perubahan yang makin hari makin cepat.

Lantas bagaimana caranya kita bisa membangun karakter / mental kita dengan sangat kuat, sehingga kita layak untuk bisa hidup lalu bertubuh dan berkembang?

Mari kita bahas satu- persatu :

  1. VISI– Karakter ini sangat penting bagi Anda sebagai seorang pemimpin. Bukankah setiap orang adalah peminpin? Karena sejatinya, kepemimpinan yang baik adalah memberikan visi yang menginspirasi untuk para followernya. Visi memberikan Anda arah, kemampuan melihat apa yang seharusnya dan berperan sebagai motivasi tujuan yang memberikan hasil yang memuaskan.
  2. MENENTUKAN TUJUAN – Tidak cukup hanya dengan memiliki visi, tujuan harus ditetapkan untuk mencapai tujuan. Bayangkan saja jika Anda ingin naik taksi. Ketika Anda sebagai penumpang tentunya harus memberitahu tujuan Anda kemana kan? Kalau tidak, mungkin tukang taksinya akan mengantar Anda ke kuburan, laut, atau bahkan rumah sakit jiwa. Maka berhati-hatilah! Miliki tujuan dalam hidup Anda.
  3. BELAJAR MEMBANGUN TIM – Mengapa kita harus mempunyai karakter ini? Karena dengan membangun tim kita akan belajar bagaimana mengetahui dan empati kepada orang lain, serta belajar untuk berkomunikasi / berinteraksi, saling kepercayaan dan respek, utilisasi potensi dan pendelegasian fungsi. Dahsyat kan? Jika jiwa Anda ingin terus bertumbuh dan berkembang, sesegera mungkin. Bangun tim elit Anda!
  4. SIAP MENGEMBANGKAN DIRI – siapapun itu, jika ingin memiliki karakter yang efektif maka harus siap mengembangkan diri dengan cara membaca buku-buku yang berorientasi pada kesuksesan, mengembangkan keterampilan kerja baru, mencari pengetahuan, dan sebagainya.
  5. INTEGRITAS – tidak usah ditanyakan lagi. Mengapa integritas menjadi pilar karakter yang efektif? Tanpa integritas Anda bukan lah siapa-siapa. Integritas adalah mutu menjadi jujur dan memiliki prinsip moral yang kuat. Anda tidak akan pernah melahirkan kepercayaan pada siapapun entah bawahan dan pengikut Anda jika Anda tidak memiliki prinsip moral.
  6. HUBUNGAN YANG HARMONIS– Hidup tidak dibangun atas akuisisi dan pencapaian, tapi dibangun atas hubungan. Jadi upayakan untuk membuat hubungan Anda selalu baik. Terbuka pada pandangan orang lain dan hindari memberikan ruang untuk salah paham. Belajar mentoleransi kritikan dan melakukan perbaikan jika perlu. Ingatlah, tanpa orang lain, Anda tidak ada artinya.
  7. SENANG MELAYANI DAN MEMBERI- Sebuah rumus sukses dari banyak orang sukses adalah mampu memimpin, namun sebuah atribut lengkap dari sikap kepemimpinan adalah kebiasaan melayani dan memberi. “The more you give to others, the more respect you get in return” dan keikhlasan adalah kunci untuk sifat ini.

Semoga prinsip-prinsip fundamental revolusi mental diatas bisa menjadi pembelajaran untuk kita semua dan tentunya mengusahakan untuk menjadi karakter / mental yang kuat dan efektif.