Pages Navigation Menu

Generasi Masa Depan Indonesia

Generasi Masa Depan Indonesia

Di Abad sekarang, bangsa ini membutuhkan sosok generasi masa depan Indonesia yang mampu menjawab tantangan dan memberikan solusi dari permasalahan yang dihadapi. Entah secara mikro dan makro.

Dan percayalah, pergantian generasi merupakan sunnatullah yang pasti akan terjadi. Kondisi saat ini sangat jelas banyak sekali perlakuan yang melanggar norma dan hak asasi, seperti kekerasan, perzinahan, peredaran narkoba dan pemakaian barang haram yang lain, serta gaya hidup mewah yang dicontohkan oleh film-film sinetron setiap pekannya.

Semua masyarakat yang beriman mendambakan generasi masa depan Indonesia yang mempunyai sifat yang sesuai dengan apa yang Allah harapkan. Kerukunan antar manusia, menginginkan kenyamanan dan keamanan dilingkungan sekitar. Lalu sebuah pertanyaan klasik menyeruak muncul, bagaimana cara mewujudkan generasi masa depan tersebut?

  1. Mengajari anak-anak kita dengan pendidikan yang terbaik.

Jika Anda telah diberikan peran oleh Tuhan sebagai orangtua, yang memiliki anak-anak yang kelak akan menjadi genarasi penerus bangsa ini, maka sudah dipastikan tugas utama orang tua adalah memberikan pendidikan terbaik dengan ilmu agama, akhlak dan pengetahun alam sekitar. Anda pasti sudah mengerti, mengapa pendidikan itu penting? Mari kita lihat sejarah sebuah bangsa yang pernah di bom dan hancur porak-porandalah negerinya. Ya, betul. Jepang. Tapi apa yang terjadi dalam 1 dasawarsa kedepan, dalam waktu singkat, Jepang menjadi negara yang disegani. Mengapa bisa seperti itu? Ya, pemimpin Jepang kala itu, memfokuskan pendidikan untuk anak negerinya.

  1. Ajari keluarga untuk melaksanakan amal baik.

Orang Islam maupun tidak sudah pasti, sesuai perintah agamanya, wajib melakukan amal-amal yang baik dan bermanfaat. Bukankah, manusia di ciptakan di dunia ini memiliki visi yang mulia, yaitu bermanfaat untuk orang lain? Lalu mengapa kita masih enggan menjalankannya?

  1. Pisahkan tempat tidur antara anak laki-laki dengan anak perempuan

Sederhana, tapi ini merupakan salah satu pendidikan seks untuk keluarga yang paling ampuh. Mengapa harus dipisah? Karena memang laki-laki dan perempuan diciptakan berbeda dari segi kebutuhan psikologis dan fisik. Maka dari itu, Anda yang sudah berkeluarga silahkan menerapkannya. Insya Allah, anak Anda akan terjaga ketika nanti besar.

  1. Memberikan waktu luang khusus untuk anak

Anak sangat butuh perhatian orang tua. Berkumpullah dengan anak meskipun hanya sekedar makan bareng, diskusi atau menanyakan aktivitas apa saja yang dilakukan diluar rumah. Orang tua harus selektif tetapi tidak membatasi terhadap lingkungan bergaul anak.

Ajaklah anak untuk berdiskusi serta mengasah cara berpikir anak dan berikan dorongan-dorongan untuk selalu berpikir positif. Dan yang terakhir, perbanyak lah doa untuk kebaikan keluarga kita dan keluarga-keluarga yang berdomisili di Indonesia.