Pages Navigation Menu

Games Komunikasi

Games Komunikasi

Hanya ada satu cara untuk mempengaruhi siapapun dalam melakukan apa saja sesuai apa yang anda inginkan.

Apakah Anda pernah memikirkan hal apakah ini? Ya, hanya satu cara dan hal ini dapat anda lakukan ketika Anda dapat membuat orang lain melakukannya.

Bukan ancaman dan hukuman yang membuat banyak orang mengikuti Anda, bukan pula besarnya nama Anda, tingginya jabatan Anda, dan mulianya keluarga Anda yang membuat orang lain menuruti keinginan Anda. Tapi justru apa yang Anda lakukanlah yang dapat menghasilkan sesuai apa yang Anda inginkan. Teringat perkataan sigmund freud dalam berbagai bukunya, bahwa segala apa yang anda kerjakan adalah berasal dari dua motif yakni desakan seks dan hasrat untuk menjadi besar.

Saya meyakini Anda akan selalu punya motif untuk menjalani kehidupan ini, namun karena motif tersebutlah maka setiap orang akan memiliki prinsip yang dipatuhinya dalam menjalani kehidupan ini. Yakni, prinsip yang memenuhi kebutuhan untuk di hargai. Prinsip inilah yang menjadikan seseorang memiliki hubungan baik atau pun buruk dengan orang lain. Prinsip untuk dihargai memunculkan sifat yang sangat melekat pada manusia bahkan hal inilah yang membedakan antara manusia dan binatang yakni memunculkan hasrat untuk menjadi penting.

Hasrat menjadi penting dapat memunculkan peradaban yang berbeda pada setiap manusia. Hasrat menjadi penting ini akan membuktikan siapa diri kita, siapa Anda, apa yang harus Anda dapatkan, apa harapan Anda dan lain sebagainya.

Misalnya dalam sebuah kontes kecantikan kucing, kucing yang menang tidak akan peduli dengan apa yang terjadi padanya, dengan hadiah-hadiah yang ia dapatkan, namun nyatanya pemilik dari kucing tersebut sangat membanggakannya. Bahkan setiap ada tamu yang datang ke rumahnya penghargaan kucing tersebut selalu di ucapkan dan dipamerkan berulang-ulang. Karena hal itu dianggap penting maka ia akan memikirkan cara terbaik untuk mempertahankan penghargaan tersebut.

Lalu bagaimana membuat perasaan penting orang lain itu menghasilkan keuntungan untuk kita? Jawabannya sederhana yaitu mengkomunikasikan apa yang kita inginkan. Menyampaikan maksud dan harapan kita sehingga sesuai dengan apa yang dianggap penting kepada orang lain selalu memberikan dampak positif untuk kita sendiri.

Komunikasi ini dapat diibaratkan sebuah games atau bisa saya sebut dengan games komunikasi, yang dapat memberikan kemenangan berupa kesuksesan dalam menjalani kehidupan juga dapat berujung pada sebuah kegagalan, bukahkah esensi permainan adalah menang dan kalah?

Kemenangan dalam sebuah komunikasi yakni saat kita mampu membuat orang lain mengikuti apa yang kita inginkan tanpa ancaman dan tanpa hukuman. Banyak orang yang gagal dalam games komunikasi karena mereka belum dapat mengikuti cara lawan komunikasi menyampaikkan kepentingannya. Maka untuk awal sebaiknya pelajari dahulu cara komunikasi kita untuk membuat rekan bicara kita mengikuti apa yang kita inginkan.

Simple dan gampang dipraktekkan bukan?

Kalau masih bingung, ikuti pelatihan komunikasi dari kami.

Silakan Bagikan Artikel IniShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Print this pageShare on LinkedInPin on Pinterest