Pages Navigation Menu

Training Hypnosis

Training Hypnosis

Sudah begitu banyak paradigma yang keliru dan salah kaprah tentang Hypnosis. Begitu seenaknya pihak media menggambarkan bahwa Hypnosis berkaitan dengan kejahatan. Dan luar biasanya lagi, kita termakan begitu saja tanpa cek dan ricek terlebih dahulu. Semoga artikel ini sedikit banyak membantu kawan-kawan yang mungkin sudah mempunyai pandangan jelek tentang Hypnosis.

Sebelum itu, saya akan beritahu terlebih dahulu perbedaan antara Hypnosis dan hipnotis. Karena memang di Indonesia terjadi miss persepsi tentang definisi ini. Syukurnya beberapa pelaku training hypnosis di Indonesia sudah mengarahkan Hypnosis ke tempat yang benar.

Mari kita bedah ilmu ini. Salah kaprah yang terjadi tentang pengertian Hypnosis. Hypnosis adalah ilmunya, dan hipnotis adalah seseorang yang menggunakan ilmu Hypnosis. Mirip seperti seseorang yang bermain gitar, gitaris. Bass, disebut bassis. Piano, disebut pianis. Ya mirip seperti itu.

Nah ini salah banyak, beberapa pandangan yang salah tentang Hypnosis di masyarakat umum :

  • Hypnosis adalah bentuk penguasaan pikiran
  • Hypnosis merupakan praktik supernatural (memakai mahluk halus)
  • Hypnosis sama dengan tidur
  • Hypnosis mengakibatkan lupa ingatan
  • Hypnosis menyebabkan yang di Hypnosis jujur abis-abisan tanpa ada filter (penyaring)

Mungkin kawan-kawan dan saya juga dulunya, tertipu dengan tayangan-tayangan yang menyuguhkan adegan-adegan Hypnosis. Disitu digambarkan bahwa proses Hypnosis adalah proses yang begitu cepat dan mudah. Seorang hipnotis dengan gampangnya mengHypnosis client dengan hal-hal yang tidak wajar. Misalnya, berenang dilantai, nelpon memakai sepatu sendiri, joget-joget ala penyanyi terkenal. Dan sebagainya. Betul?

Mengapa bisa seperti itu? Jawabannya sederhana? Karena Di Tv, dibutuhkan adegan-adegan yang bombastis dan dengan sedikit rekayasa sehingga penonton merasa tertarik, ujungnya ratting naik. Yups, di TV kita tidak diperlihatkan sebuah sesi pengkondisian. Sesi ini sangat penting, karena sesi ini adalah inti dari adegan-adegan yang ingin dipertontonkan. Mungkin di sesi ini ada kontrak terlebih dahulu, membaca dan menghapal skenario, pengaturan cara berbicara, dan lain sebagainya. Wajar saja, ketika adegan dimulai, mereka siap dengan segala situasi yang sudah di setting terlebih dahulu.

Lalu apa itu kondisi Hypnosis?

Sebenarnya kondisi Hypnosis (trance) adalah kondisi alamiah dan tanpa kita sadari kita sering masuk ke kondisi ini. Contoh, ketika Anda menonton televisi dan Anda sangat fokus sekali dengan acaranya yang benar-benar Anda sukai, ketika ada teman atau saudara Anda yang menyenggol atau menegur, Anda tidak memperhatikannya, karena Anda sedang asyik menonton televisi. Pada kondisi tersebut, Anda sudah terHypnosis dengan TV.

Atau pada saat Anda fokus sama smartphone Anda, ada sahabat Anda yang memanggil Anda berkali-kali, tapi Anda tidak mengindahkannya. Artinya Anda sedang terHypnosis dengan gadget Anda.

Nah, dalam training Hypnosis sang trainer mengajarkan bagaimana caranya masuk kondisi Hypnosis dengan sengaja. Iya dengan sengaja. Untuk tujuan apa? Tentunya untuk pemberdayaan diri kliennya. Bukankah pikiran bawah sadar akan lebih aktif ketika kita masuk ke kondisi Hypnosis?

Dalam konteks terapi, peng-terapi mempersilahkan Anda untuk masuk ke dalam kondisi Hypnosis, agar sugesti positif yang dimasukkan masuk ke pikiran bawah sadar, yang notabene pikiran bawah sadar kemampuannya 88 – 90 % mempengaruhi hidup kita. Dengan tujuan untuk mengatasi berbagai masalah-masalah psikis sang klien.

Untuk masuk ke dalam keadaan trance, banyak cara yang akan dilakukan. Misalkan dengan ‘tidur’. Tidurnya Hypnosis beda sekali dengan Anda sedang tidur di siang atau malam hari. Pada kondisi ‘tidur’ Anda masih masih mendengar suara lingkungan Anda. Ketika Anda sedang ‘tidur’ dimana kondisi trance, Anda akan merasakan Relaksasi fisik yang sangat dalam, perhatian yang sangat terpusat, peningkatan kemampuan indra, pengendalian reflex dan aktivitas fisik.

Atau dengan melakukan relaksasi. Dengan melakukan relaksasi dengan benar, Anda dapat masuk ke kondisi Hypnosis dengan benar. Anda ingin mengetahui skrip tentang relaksasi ini? Baiklah, saya akan menyuguhkannnya untuk Anda.

Silakan tarik napas panjang ….. dan, tutuplah mata saat anda menghembuskan napas …. perhatikan otot-otot dan syaraf di sekitar mata anda …., lemaskan dan lepaskan semua ketegangan yang ada di sana …. lemaskan setiap otot sehingga mata anda benar-benar rileks …

Sambil terus bernapas …., perhatikan bagian dahi ke atas dan rasakan setiap bagian kecilnya mungkin terasa tegang dan kaku …….. lemaskan ………, lemaskah dahi anda ….. lepaskan ketegangan di sana sehingga dahi anda terasa sangat sangat rileks ……..

Sekarang perhatikan bagian wajah anda ……, rasakan apabila ada ketegangan di sana ….. rasakan bagian tersebut dan lemaskan otot-otot di bagian tersebut sehingga anda benar-benar sangat rileks dan santai …….

Sekarang perhatikan bagian dagu anda … perhatikan otot-otot yang menggerakkan dagu anda … lemaskan setiap otot yang ada di sana …… sehingga dagu anda benar-benar sangat rileks dan santai …..

Sekarang .., perhatikan leher anda, perhatikan pada otot-otot yang menggerakkan leher anda …. lemaskan leher anda …. buang semua ketegangan dan kekakuan di sana … santai …. rileks … leher anda lemas … setiap otot dan syaraf menjadi sangat lemas ……, santai dan rileks …. setiap sel menjadi sangat santai dan rileks ……..

Sekarang …, rasakan bahwa rasa santai dan rileks tadi menjalar ke tangan anda saat anda memperhatikan tangan anda ……… saat anda perhatikan tangan anda …., saat anda memperhatikan setiap tulang dan otot …., rasa santai tadi menjalar ke tangan anda ………… saat anda lakukan ini lemaskan tangan anda dan biarkan setiap otot, setiap syaraf dan setiap selnya menjadi sangat santai dan malas …….

Sekarang …, saat anda memperhatikan dada, rasakan bahwa daerah tersebut terdiri dari otot-otot, organ-organ, kelenjar-kelenjar, dan syaraf-syaraf…. sebarkan rasa santai tadi ke setiap otot, setiap organ, setiap kelenjar dan setiap syaraf di sana …. sebarkan rasa santai dan rileks tadi sehingga menjalar ke bagian perut dan melemaskan setiap otot, setiap organ, setiap kelenjar, dan setiap syaraf …….biarkan setiap fungsi sel befungsi semestinya dan membuat anda manjadi sangat lemas, santai dan rileks …….  saat perhatian anda ke kaki anda, sebarkan rasa santai tadi ke sana… menjalar turun ke paha lalu ke betis … sekarang lemaskan otot-otot kaki anda …. lemaskan kaki dengan sangat sempurna ……  biarkan kaki anda menjadi sangat santai dan rileks ……

Sekarang arahkan perhatian pada telapak kaki anda, ke suatu daerah di mana banyak otot kecil dan tulang ….. lemaskan telapak kaki anda … lemaskan .. biarkan kaki anda menjadi rileks, santai dan lemas ……  rasakan, nikmatnya menjadi santai dan hal ini sangatlah wajar dan sehat …….

Apa yang Anda rasakan ketika Anda melakukan Self-Hypnosis? Lebih nyaman dan segar kan?

Jika Anda belum merasakan apapun, atau biasa-biasa saja. Itu tandanya Anda butuh banyak latihan. Yah betul, masuk ke kondisi Hypnosis yang di sengaja membutuhkan latihan. Jika sudah terlatih, mungkin hitungan beberapa menit dengan mudahnya Anda bisa memasuki kondisi Hypnosis.

Selamat berlatih!

Silakan Bagikan Artikel IniShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Print this pageShare on LinkedInPin on Pinterest