Pages Navigation Menu

Pelatihan Public Speaking

Slide14Apakah selama ini Anda merasakan sulit sekali untuk berbicara di depan umum?

Apakah selama ini Anda tidak tahu caranya bagaimana berbicara di depan umum dengan baik dan elegan?

Atau Anda tidak tahu bagaimana membuat audience Anda memperhatikan Anda ketika Anda presentasi atau menyampaikan sesuatu?

Setiap hari secara normal, seseorang akan mengeluarkan puluhan ribu kata entah kepada diri sendiri atau kepada orang lain. Dan lebih dari 80 % apa yang dikeluarkannya pasti akan mempengaruhi kehidupan orang tersebut.

Di zaman ini, setiap hari dalam segala bidang kehidupan (keluarga, relasi bisnis, organisasi sosial, hubungan antar sesama, hubungan percintaan dan sebagainya) tidak lepas dari yang namanya komunikasi. Dan tahukah Anda kesuksesan seseorang tidak akan terlepas dari kemahiran dalam menyampaikan ide-ide dan kemampuan mempengaruhi orang lain baik secara pribadi maupun secara kelompok.

Semakin terampil seseorang dalam berbicara akan semakin menunjukkan kualitas kecerdasan dan penghargaan dari orang lain. Maka dari itu pelatihan Public Speaking ini mutlak diikuti dan dipelajari.

Learning Objectives

Program pelatihan yang kami desain untuk  membuat Anda mampu menjadi public speaker yang berpengaruh dan mampu menampilkan cara yang terbaik untuk audiencenya.

Pelatihan dengan metode Private Class Training (Peserta maksimal 20 orang), sehingga peserta bisa dipantau lebih baik dibandingkan seminar motivasi yang pesertanya lebih dari 100 orang. Serta di pelatihan ini kami menjamin Anda belajar skill bukan hanya knowledge / motivasi saja. 40% Teori : 60% Praktek.

 

Pelatihan ini sudah berjalan beberapa angkatan, diikuti oleh berbagai kalangan dengan berbagai latar belakang profesi dan semua Alumninya PUAS dan Merasakan MANFAAT  setelah mengikuti program pelatihan ini.

Setelah mengikuti training ini, diharapkan peserta :

  1. Belajar dan mempraktekkan langsung PRINSIP-PRINSIP KOMUNIKASI
  2. Mengetahui fakta-fakta tentang Public Speaking.
  3. Mempelajari kemampuan untuk MENGELOLA PERSEPSI dan SELF-TALK sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri dalam berkomunikasi dengan orang lain.
  4. Mempelajari fakta-fakta tentang OTAK dan PIKIRAN.
  5. Mengetahui tentang ILMU HIPNOSIS dan bagaimana mengoptimalkannya sehingga Anda dapat lebih percaya diri berbicara di depan umum.
  6. Praktek langsung 4 teknik : SELF-HYPNOSIS, VISUALISASI, MODELLING dan REPETISI dalam rangka menyeleraskan pikiran, perasaan dan tindakan. Sehingga peserta lebih luwes berbicara.
  7. Mengetahui dan mempelajari bagaimana MANUSIA MENYERAP INFORMASI, PARADIGMA BARU TENTANG PEMBELAJARAN serta perbedaan TIPE BELAJAR ANDRAGOGI DENGAN PEDAGOGI.
  8. Belajar dan praktek langsung 4 alur bagaimana berbicara di depan umum dengan baik dan lancar.
  9. Mengenal penelitian dari Penelitian oleh Prof. Albert Mehribian yang sangat powerfull untuk mendukung kemampuan Public Speaking.
  10. Mengelola kemampuan komunikasi verbal dan non-verbal.
  11. Belajar tentang Hypnotic Public Speaking untuk mengoptimalkan kemampuan mempengaruhi seseorang.

Learning Material

1. Introduction

Peserta saling berkenalan dan mengungkapkan apa yang diharapkan setelah training ini. Tahap ini adalah tahap pengkondisian sebelum training, agar peserta siap menerima ilmu yang dipelajari.

2. Refreshment and Ice Melting

Sesi ini peserta diajak untuk merefresh semua hal tentang dirinya yang kurang mendukung didalam proses training berlangsung, dan memulai training dengan keadaan yang prima. Ada beberapa pertanyaan yang diajukan untuk peserta, dan peserta diharuskan untuk bercerita kepada rekan nya, tentunya pendengar pun wajib untuk menyimak dengan penuh antusias.

3. Basic Communication Skill

Sesi awal untuk peserta belajar tentang pemahaman kemampuan dasar public speaking, yaitu komunikasi. Dan dijelaskan tentang sebuah fakta yang berkaitan dengan public speaking serta peserta pun dijelaskan secara teori tentang alur menjadi seorang pembicara yang berpengaruh, asyik dan menyenangkan.

4. Perception (Internal Reality) and Self-Talk Power

Berkomunikasi baik dengan diri sendiri dapat membantu seseorang berkomunikasi baik dengan orang lain. Sesi ini peserta akan belajar bagaimana berkomunikasi dengan dirinya sendiri secara efektif, dengan tujuan untuk lebih meningkatkan kepercayaan diri peserta dalam hal Public Speaking. Karena menurut penelitian “Semua perilaku kita sebenarnya merupakan hasil dari self-talk yang sudah dilatih, terus diulang, dan akhirnya menjadi shortcut ketika kita bertindak. Dan Rata-rata manusia berbicara hampir 5.000 kata per hari, 80 persennya berkomunikasi dengan diri sendiri” Dengan dasar penelitian ini, peserta dilatih untuk mengelola self-talk dan persepsinya dengan cara yang benar. Pada sesi ini dipraktekkan secara berpasangan oleh sesama peserta.

5. The Power of UnConcious Mind

Peserta akan mempelajari tentang fakta otak dan kekuatan pikiran serta hal-hal yang berkaitan tentang pikiran bawah sadar. Serta bagaimana informasi atau sugesti yang disampaikan dapat menembus pikiran bawah sadar dan dapat mempengaruhi diri sendiri dengan sangat efektif.

6. Self-Hypnosis Power

Hipnosis sebenarnya adalah ilmu pengetahuan ilmiah yang bisa dijelaskan dengan keilmuan psikologi modern. Hipnosis bukan ilmu gaib. Dalam pelatihan dengan metode hipnosis, kami sebenarnya mengajarkan psikologi praktis. Bagaimana memahami cara kerja pikiran dan menggunakan potensi pikiran untuk berbagai keperluan. Selain itu, peserta belajar menguasai kemampuan menghipnosis diri sendiri dengan tujuan lebih mengoptimalkan pikiran sendiri. Plus, langsung mendapatkan 3 teknik ampuh dan memberdayakan untuk meningkatkan kepercayaan diri ketika berbicara di depan umum.

7. Learning Methods

Peserta belajar tentang berbagai metode bagaimana belajar dengan baik serta mengetahui alamiah manusia dalam hal menyerap informasi. Peserta pun di berikan pengetahuan dan teknik-teknik tentang bagaimana caranya membedakan antara pembelajaran orang dewasa dan pembelajaran anak-anak.

8. Public Speaking Techniques to Wow Your Audience

Di sesi ini peserta langsung mempelajari sekaligus mempraktekkan alur public speaking serta sepaket dengan teknik-tekniknya, agar audience merasa nyaman dan senang dalam belajar. Selain itu, peserta siap mendapatkan pembelajaran bagaimana menguasai audience dengan pembukaan yang wow serta isi materi yang sangat menarik.

9. Effective Communication (Visual – Voice – Verbal)

Prof Albert Mehribian dari Universitas Califonia telah meniliti tentang komunikasi, penelitian sang profesor tersebut mengungkapkan ternyata komunikasi itu terdiri dari Physiology (55%), Tonality (38%)  dan Word (7%). Dengan dasar penelitian ini, peserta akan mempelajari komunikasi yang efektif sehingga informasi yang kita berikan akan masuk ke dalam pikiran bawah sadar manusia.

10. Hypnotic Language Pattern

Sebuah pola dari NLP (Neuro Linguistic Programming) yang sangat hebat. Peserta akan belajar bagaimana caranya menerapkan pola bahasa hipnotis dalam konteks public speaking. Selain itu, dengan mempelajari pola ini, informasi atau sugesti kita akan masuk ke pikiran bawah sadar audience tanpa penolakan.

11. Role Play

Sesi terakhir ditutup dengan role play. Peserta akan keluar dari ruangan training dan langsung praktek untuk berbicara didepan umum satu persatu.

Learning Method

Agar maksud dan tujuan training ini tercapai, maka kami menggunakan beberapa metode dengan pendekatan Neuro Linguistic Programming, Hypnosis, dan Experiental Learning, juga di lengkapi :

  • Presentasi Interaktif menggunakan audio visual
  • Metafora, bercerita tentang hal-hal yang berhubungan dengan materi training
  • Simulasi, studi kasus dan diskusi pada beberapa contoh yang pernah dialami peserta
  • Ice Breaking and Energizing, agar suasana training lebih semangat
  • Role play setelah pelatihan, peserta langsung mempraktekkan ilmu yang sudah dipelajari
  • Video yang berhubungan dengan materi, sehingga peserta lebih memahami

Implementation

Adapun setiap program  akan dilaksanakan dengan tata cara sebagai berikut:

  • Setiap Program Training dilaksanakan dalam waktu 2 hari dengan durasi 8 jam efektif dalam satu hari. Dapat dilakukan mulai dari jam 09.00 -17.00 waktu setempat.
  • Jumlah Peserta dibatasi maksimal 25 orang / kelas agar pelatihan berlangsung efektif.

Penyelenggara training / klien menyediakan :

  • Ruang yang nyaman dan ada pencahayaan
  • Kursi Peserta berbentuk U
  • Infokus dan Layar yang sesuai dengan jumlah peserta agar dapat terlihat oleh seluruh audiens
  • Sound system yang memungkinkan audiens mendengar sama kualitasnya di manapun ia duduk.
  • Jack penghubung laptop ke sound system & Laptop (sebagai cadangan)
  • Meja dan kursi Trainer & Assisten Trainer dan diletakkan di belakang peserta
  • Mic wireless standar dan Mic headset Training lengkap dengan batre cadangan
  • White board atau flipchart dan spidol warna-warni
  • Absensi peserta rangkap dua, yang ada no HP, email, Facebook dan Twitter

Investment

Investasi untuk program ini sejumlah 12.500.000 (Dua Belas Juta Lima Ratus Ribu Rupiah)

Investasi tersebut sudah termasuk :

  • Jasa fasilitator dan tim pelatihan
  • Biaya transportasi fasilitator dan tim pelatihan, khusus untuk pelaksanaan pelatihan di Bandung dan Jakarta. Untuk di luar Bandung dan Jakarta, transportasi dan akomodasi ditanggung oleh pihak penyelenggara / klien.
  • Modul pelatihan hard copy, untuk maksimal 25 orang peserta
  • Sertifikat, untuk maksimal 25 orang peserta

Investasi tersebut belum termasuk :

  • Penginapan fasilitator dan tim.
  • Pajak penghasilan ditanggung oleh pihak penyelenggara / klien.

* Jika yang mengundang adalah lembaga non-profit atau berorientasi kepada sosial, maka investasi diatas bisa di negosiasikan.